DPP Golkar Satu Suara Dukung Ali Mazi di Pilgub Sultra – FAJAR –
Pilkada

DPP Golkar Satu Suara Dukung Ali Mazi di Pilgub Sultra

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Keinginan mayoritas pengurus Golkar Sultra, agar partai beringin mendukung selain Ali Mazi dalam pemilihan gubernur (Pilgub), sepertinya sulit terwujud. Sebabnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar sudah satu suara untuk mengusung mantan Gubernur Sultra itu. Bahkan, Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto sudah memberikan “restunya”.

Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham menegaskan, rekomendasi Golkar ke Ali Mazi sudah dikomunikasikan dengan Ketua Umum Setya Novanto. Soal SK resminya, tinggal menunggu partai politik (Parpol) koalisi. “Sudah final. Pak Setnov juga memberi restu. Tinggal cari waktu luang untuk tandatangani SK,” ungkap Idrus Marham saat ditemui usai menggelar rapat pleno di DPP Golkar, Rabu (11/10/2017).

Idrus menegaskan, rekomendasi tersebut tidak akan berubah lagi. Meski apapun yang terjadi. “Kalau semua sudah sepakat, termasuk Pak Setnov, siapa lagi yang bisa batalkan?,” ujarnya. Ketua Harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid menambahkan, rekomendasi Golkar ke Ali Mazi memang sudah diketahui Ketua Umum. “Sudah kita putuskan. DPP Golkar minta Ali Mazi untuk maju sebagai calon gubernur,” katanya.

Disinggung soal belum adanya tandatangan Setnov, Nurdin memastikan bahwa sudah ada restu tinggal tandatangan SK saja. “Kami tinggal tunggu Parpol koalisi dan wakilnya. Namun jangan dikira itu belum resmi, DPP sudah memutuskan dan itu sudah final,” tegasnya. Kedua petinggi DPP Golkar ini juga tidak mempersoalkan kalau Ali Mazi bakal menggelar deklarasi 19 Oktober mendatang. Menurutnya, itu langkah maju sekaligus memberikan kepastian kepada masyarakat untuk maju Pilgub. “Kita dukung. Nanti kita komunikasikan, siapa yang akan hadir di sana. Pastinya, ada pengurus DPP yang akan datang,” imbuhnya.

Dalam rapat pleno tersebut, sebenarnya hadir juga Setnov. Hanya saja, Ketua DPR RI itu tidak bersedia ditemui awak media. Usai pertemuan, dia langsung meninggalkan tempat dengan pengawalan ketat dari satuan Brimob. Memang sesuai rencana, Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN) akan menggelar deklarasi 19 Oktober nanti di lapangan eks MTQ, Kendari.

“Pasangan AMAN akan deklarasi 19 Oktober. Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan beberapa petinggi DPP Golkar diagendakan hadir,” kata Asnan La Amba, Sekertaris Panitia Deklarasi pasangan AMAN. Sebelumnya, dukungan Partai Golkar ke Ali Mazi menyisakan polemik, khususnya di internal partai beringin di Sultra. Meski surat rekomendasi dukungan sudah terbit dan ditandatangani langsung Ketua Harian DPP Golkar Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal DPP Golkar Idrus Marham. Namun mereka belum sepenuhnya percaya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Golkar Sultra, Muhammad Basri mengatakan, pihaknya tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan tersebut. Pihaknya juga menyayangkan, bocornya surat rekomendasi ke publik. “Ini yang aneh. Makanya, saya melihat sebelum ada keputusan Ketua Umum Setya Novanto, surat itu sifatnya hanya rekomendasi saja,” jelasnya.

Ketua Harian DPD Golkar Sultra, Imam Al-Gazali juga mengkritisi SK tersebut. Menurutnya, DPP dalam membuat keputusan haruslah berlandaskan hasil keputusan Rapimdasus Golkar Sultra. Dimana yang diusul adalah ada tiga nama yakni Asrun, Rusman Emba dan Tina Nur Alam. “Sedangkan Ali Mazi-Lukman Abunawas tak masuk dalam hasil Rapimdasus tersebut. Sehingga, keputusan itu akan melukai hati DPC Golkar di 17 kabupaten/kota,” katanya. Ia menegaskan, jangan sampai keputusan tersebut membuat terpecah belah kader di daerah. (Fajar/Yog)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!