Pemprov Sulsel Lepas 2,7 Juta Ekor Benih Ikan, Udang dan Kepiting – FAJAR –
Makassar

Pemprov Sulsel Lepas 2,7 Juta Ekor Benih Ikan, Udang dan Kepiting

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, melepas benih ikan. (Foto: Syamsul Alam/FAJAR.co.id)

FAJAR.CO.ID — Dalam rangkaian HUT Sulsel ke-348, Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel meluncurkan Gerakan 1000 Kebaikan di laut dengan melepas benih ikan, udang, dan kepiting.

Upaya pelestarian sumber daya ikan, udang, dan kepiting melalui restoking serta pengawasan bidang perikanan dan kelautan ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), di Pelabuhan Perikanan Untia, Makassar, Kamis (12/10/17).

Gubernur Sulsel menerangkan, HUT Sulsel bukan hanya sekadar memperingati, melainkan untuk membuktikan kemajuan Sulsel dari tahun ke tahun.

“Negara kita ini 73 persen laut. Cina dapat 40 persen hasil devisanya dari laut, sedangkan Indonesia masih 15 persen, padahal banyak yang bisa dilakukakan. Oleh karena itu saya bersyukur semua stakeholder hadir,” terang Syahrul Yasin Limpo.

Pada kesempatan yang sama, gubernur beserta rombongan melepas sebanyak 600 benih udang dan kepiting laut di perairan sekitar Pelabuhan Untia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, Chairil Anwar, menilai bahwa Gerakan 1000 Kebaikan dengan pelepasan bibit ikan, udang, dan kepiting diharapkan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat pesisir.

Bukan hanya di Pelabuhan Untia, pelepasan benih dilakukan di 112 lokasi dengan total 2,7 juta ekor. Tujuannya untuk mamperbanyak populasi ikan, udang, dan kepiting yang selama ini menjadi suber mata pencairan masyarakat kecil.

“Dengan adanya itu, kita harapkan ada sumber sumber ekonomi bagi masyarakat pesisir, ” kata Chairil.

Ia menambahkan bahwa acara penyebaran benih adalah upaya untuk mendorong masyarakat dan pelaku usaha untuk peduli terhadap budidaya alam, khusunya laut. (sul/fajar)

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!