Demokrat-Hanura Berpeluang Buat Poros Baru di Pilgub 2018

FAJAR.CO.ID, PINRANG--Partai Demokrat dan Partai Hanura berpotensi membuat poros tengah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel semakin terbuka. Kedua partai kian intensifkan komunikasi tentang peluang menjajaki koalisi.

Tak hanya itu, baik Demokrat maupun Hanura tengah menawarkan figur baru di luar tokoh yang muncul di bursa calon gubernur saat ini.Sejak awal Hanura telah mematok kadernya yakni Andi Ilhamsyah Mattalatta untuk bertarung di Pilgub, sementara Partai Demokrat telah memberi isyarat kepada Abd Rivai Ras untuk bersama partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Wakil Ketua Bidang Organisasi Hanura Sulsel, Imbar Ismail menyatakan bila Andi Ille-panggilan akrab Ilhamsyah Mattalatta kemungkinan besar maju sebagai calon gubernur. “Meski demikian semuanya tergantung partai koalisi dan restu ketua umum DPP Hanura Oesman Sapta Oddang,”ujar Imbar Ismail.

Imbar tidak menampik akan bersatunya Andi Ille dengan Bro Rivai di Pilgub nanti, sebab peluangnya masih terbuka lebar.”Bisa saja nantinya Pak Andi Ilhamsyah calon gubernur, kemudian Abdul Rivai Ras di posisi wakil. Kan tinggal kesepakatan saja,”terang legislator Hanura Sulsel dua periode ini.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni’matullah Erbe mengaku sudah bertemu dengan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, OSO yang juga sangat merespon dibangunnya poros baru di Pilgub Sulsel.

Meski demikian, Ni’matullah yang juga wakil ketua DPRD Sulsel mengemukakan bila komunikasi keduanya belum sampai pada penentuan bakal calon yang akan diajukan. Dosen politik Unhas Dr Adi Suryadi Culla menilai munculnya gagasan Partai Demokrat dan Hanura untuk membentuk poros baru tentunya dilatarbelakangi alasan yang rasional.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...