Bendungan Benteng Rusak, Pasokan di Tiga Kabupaten Dihentikan Sementara – FAJAR –
Daerah

Bendungan Benteng Rusak, Pasokan di Tiga Kabupaten Dihentikan Sementara

Bendungan Benteng di Pinrang yang menjadi andalan irigasi.

FAJAR.CO.ID, PINRANG–Bendungan Benteng, Pinrang mengalami kerusakan dan segera diperbaiki. Petani di beberapa wilayah di Kabupaten Pinrang, Sidrap dan Wajo harus bersabar, sebab kemungkinan tidak akan kebagian air.

Kerusakan Bendungan Benteng membuat  jadwal tanam untuk musim tanam Oktober-Maret (MT Okmar) bakal molor. Sebab UPT Sungai Saddang, bakal menutup aliran air ke sejumlah area persawahan di beberapa kabupaten.

Kepala Seksi Pelaksanaan UPTD Sungai Saddang Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Safruddin mengaku, ada kerusakan di sayap kanan bendungan yang butuh perbaikan secepatnya. Jika tak diperbaiki, dampaknya bisa fatal.

“Selama proses perbaikan, kita hentikan sementara aliran air ke irigasi persawahan. Penghentian ini juga sudah mendapat persetujuan beberapa kelompok tani,” ungkapnya kepada parepos (grup FAJAR.CO.ID), akhir pekan lalu.

Jadwal perbaikan itu akan memakan waktu sekira tiga pekan. “Saat ini material sudah tiba di lokasi, secepatnya akan kami mulai pekerjaan,” ungkapnya.

Safruddin mengaku tak bisa membiarkan adanya kerusakan bendungan. Proses pertanian bahkan terancam tak bisa dilakukan semusim jika kerusakan itu didiamkan. “Makanya lebih baik kita molor untuk musim tanam daripada semusim tidak bertani,” katanya.

Air dari Bendungan Benteng di Kabupaten Pinrang mengaliri persawahan di Pinrang, Sidrap dan Wajo. “Kami minta kepada petani untuk bersabar, perbaikan akan dilakukan secepat mungkin,” pungkas Safruddin.(*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!