Berkas Lengkap, Eh…Tersangka Malah Kabur

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PAREPARE– Berkas kasus narkoba 1,6 Kg, yang melibatkan Muhammad Ikhsan (16 tahun) lengkap atau P-21. Namun, sayangnya tersangkanya sudah kabur.

Ikhsan dibebaskan  karena dianggap masa penahanan tersebut telah berakhir untuk kasus anak dibawah umur, dimana berkasnya saat itu dianggap belum lengkap. “Iya, Sudah P-21 A, namun tersangkanya masih belum ditangkap (kembali),” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Parepare, Reskiana Ramayanti, Jumat, 27 Oktober.

Sesuai aturan, kata Reskiana, jika dalam tempo 31 hari kasus tersebut tidak dilanjutkan. Maka harus dicoret, dan memasukkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang baru.

Mengenai hal itu, Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi mengaku, saat ini pihaknya sedang melakuan pengejaran terhadap Iksan yang kini telah menjadi buronan pasca dibebaskan beberapa waktu lalu. “Hal ini sebenarnya yang kami takutkan. Kita tahu, penangkapannya saat itu membutuhkan waktu selama empat bulan. Namun dilepaskan karena aturan penahanan yang singkat. Padahal kita sama-sama tahu bagaimana kronologinya. Tapi, kami usahakan agar segera ditangkap lagi,” pungkas AKBP Pria.

Sebelumnya, Muhammad Iksan yang merupakan tersangka kasus narkoba 1,6 Kg dibebaskan Kamis, 8 Juni 2017 lalu, dan hal itu cukup menggegerkan publik. Saat itu, Iksan hanya ditahan selalam 15 hari, masing-masing 7 hari penahanan Polisi, dan perpanjangan penahanan oleh kejaksaan selama 8 hari.

Pembebasan Iksan terpaksa dilakukan lantaran, pihak penyidik dari Polres Parepare belum dapat memenuhi sejumlah petunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Parepare. Diantaranya, menghadirkan terduga Samsul, yang merupakan ayah kandung tersangka.Peran Iksan sebagai kurir, yang membawa barang haram ini dari Pelabuhan Nunukan, ke Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, atas suruhan ayahnya yang juga menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). (ard/din)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...