Viral, Jambret Berpenampilan Kiai, Modusnya Bikin Geram!

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 15:46 WIB

AKSI Jambret terkam kamera Closed Circuit Television alias CCTV di jalan Letjen Panjaitan Jember, Jawa Timur baru-baru ini cukup viral di sosial media. Pasalnya, penjambretan itu melakukan mobil Toyota Avanza warna hitam. Ironis lagi, terlihat seseorang pelaku yang berpenampilan layaknya seorang kiyai

Kejadian itu diunggah oleh akun  facebook Bentarani Suwardi dan menjadi viral. Dalam captionnya Ia lengkapi dengan kronologi kejadian. 

Ditulisnya, kejadian tersebut terjadi pada 18 Oktober 2017 sekitar jam 05.36 WIB lalu, korban diketahui seorang nenek yang bernama Siti berusia 84 tahun.

Perampokan itu dilakukan sebanyak 3 orang. Salah satu diantaranya merupakan seorang kakek tua yang mengenakan kopiah putih layaknya seorang pemuka agama.

Sementara satunya yang duduk di depan dekat pengemudi, bertugas untuk membujuk korban untuk bisa berkomunikasi dengan kakek berkopiah yang duduknya di belakang sopir.

“Modusnya, nenek Siti sedang jalan pagi, lalu mobil hitam berhenti disampingnya, dan seorang bersongkok haji dengan sorban membuka pintu dan mendekati nenek Siti, serta menyalami nenek Siti untuk diberikan berkah, kemudian seorang lagi turun dari mobil meminta nenek Siti masuk mobil, tetapi tidak mau kemudian gelang nenek Siti diberikan, namun diminta kembali tidak lama kemudiaan seorang yang turun dari mobil menarik paksa kalung nenek Siti dan masuk mobil dengan tancap gas.” tulis Bentarani Suwardi. Ia juga menambahkan, kejadian tersebut kini sudah diserahkan ke kepolisian Jember untuk ditindak lanjuti. 

Berikut kronologi kejadian yang ditulis akun facebook Bentarani Suwardi, 19 Oktober 2017. 

Pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2017 Nenek saya bernama Siti M, mengalami gendam yang berujung perampasan di Jl.Letjend. Panjaitan Jember Kel. Kebonsari Kec. Sumbersari Jember (depan Counter service handphone “Central cell” dan wartel Hayyu).

Kejadiannya sekitar pukul 05.36 WIB, nenek saya jalan pagi tiba-tiba ada mobil avanza hitam berhenti penumpang samping supir (pelaku pertama) turun bertanya kepada nenek sy arah jalan menuju alun-alun kota Jember, dengan ramahnya nenek sy memberikan petunjuk menuju alun-alun kota Jember.

Setelah itu pelaku pertama membuka pintu tengah mobil di dalam mobil tsb ada orang berdandan seperti kyai (pelaku kedua) lngsng mengajak bersalaman dengan nenek sy dan meminta cincin dan gelang.

Nenek sy sempat meminta kembali gelang milik beliau lalu pelaku kedua memberikannya langsung dipakai kembali oleh nenek sy, setelah itu cincin tsb dibungkus uang 2.000 di doa-doain dengan pelaku kedua tsb terus memaksa nenek sy masuk ke dalam mobil tetapi nenek sy tidak mau.

Pelaku pertama berlagak telfon sekitar 2 menit sambil mengawasi kalung nenek sy dari belakang setelah menutup telfon pelaku pertama langsung merampas kalung nenek sy dengan keras sambil pelaku kedua menutup mobil dan nenek saya langsung berusaha pergi dari tempat tersebut dengan tergopoh-gopoh Alhamdulillah tidak sampai terjatuh Allah SWT masih melindungi beliau.

Demikian cerita yang menggambar dari CCTV tsb, sejauh ini kejadian tsb telah kami laporkan ke Polres Kota Jember semoga ini menjadi pelajaran bagi semua agar tetap waspada dengan orang lain yang belum kita kenal.
Mohon bantuan Bapak/Ibu. Jika menemukan orang dgn ciri seperti di rekaman terlampir, agar dilaporkan ke Polisi terdekat.
Terima kasih att nya, Wass.Wr.Wb
Kel. Nenek Siti, Jl. Panjaitan

Source by: CCTV “Central Cell” Service Handphone Jl. Letjen Panjaitan Jember.