Wajah Mirip Ahok, Bocah SD ini Sering Kena Dibully Teman-temanya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memastikan JS (8) adalah siswa SDN 16 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Belakangan ini namanya viral di media sosial (medsos) karena dianggap di-bully oleh rekannya satu kelas di sekolah. Bully itu buntut dari dia dipanggil Ahok, sehingga panggilan itu dianggap mem-bully-nya. Pemanggilan Ahok itu lantaran JS memiliki wajah mirip seperti mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menyikapi info yang viral itu, KPAI mencari penjelasan panggilan Ahok itu ke tempatnya sekolah. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, KPAI segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk meminta klarifikasi. Kemudian, Disdik memberi data sekolah dan KPAI memutuskan untuk melakukan pengawasan langsung dengan mendatangi sekolah.
Saat itu sedang berlangsung mediasi antara orang rua korban termasuk pamannya, pihak sekolah. “Belakangan pihak Polsek setempat juga datang ke sekolah. Sayangnya saat kita tiba di sekolah, pertemuan tersebut sudah selesai dan para pihak sudah meninggalkan lokasi,” ujarnya kepada¬†JawaPos.com, Rabu (1/11).
Retno menceritakan, menurut penjelasan pihak sekolah, JS sejak kelas 1 SD memang sudah dijuluki Ahok, namun dengan makna yang positif. Sehingga kondisi tersebut memang dibiarkan oleh guru kelas dan guru agama karena anak-anak lain tidak bermaksud membully.
“Diduga hal tersebut terjadi karena JS secara fisik memang putih, sipit dan ganteng. Saat itu, julukan Ahok dirasa positif karena pada 2015 tersebut, pak Ahok adalah Gubenur yang banyak mendapatkan pujian,” kata dia.

  • Bagikan