UMP Sulbar Hanya Naik Rp175 Ribu – FAJAR –
Sulbar

UMP Sulbar Hanya Naik Rp175 Ribu

ilustrasi

FAJAR.CO.ID–Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI memutuskan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk wilayah Sulbar tahun 2018 sebesar Rp2,193 juta. Nilai ini meningkat Rp175 ribu dibandingkan UMP Sulbar tahun 2017 yang hanya sebesar Rp2,01 juta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah (DTKD) Sulbar, Maddareski Salatin mengatakan keputusan tersebut berdasarkan Surat Edaran Menaker, Hanif Dhakiri. Dengan nomor B.337/M.NAKER/PHIJSK-UPAH/X/2017 dan sesuai pasal 44 Ayat 1 dan PP Nomor 78 tahun 2015 tentang peningkatan nilai UMP berdasarkan formula penambahan dari pertumbuhan ekonomi nasional dan data inflasi nasional.

“Penentuan UMP mengikuti inflasi nasional sebesar 3,72 persen dan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,99 persen,” ujar Maddareski, Rabu (1/11/2017).

Rencana penetapan UMP Sulbar 2018, lanjutnya, sudah dilakukan melalui rapat pembahasan penetapan UMP dengan dewan pengupahan Sulbar, Senin 23 Oktober di Ruang Rapat Kantor DTKD Sulbar. “Insyaa Allah hari ini (kemarin, red) kita ajukan ke gubernur. Mudah-mudahan sudah bisa ditandatangani,” jelasnya.

Maddareski berharap, perusahaan di Sulbar mengikuti UMP yang telah ditentukan itu. Olehnya, setelah penetapan pihaknya akan melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan, di Sulbar. “Jangan sampai masih ada perusahaan yang tidak mengikuti UMP]. Perusahaan yang tidak mematuhi keputusan itu, bakal mendapatkan sanksi dari pemerintah,” ucapnya.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menuturkan dirinya belum melihat surat yang masuk. Dia sibuk melakukan persiapan untuk kunjungannya ke Kepulauan Balabalakang.

“Saya belum lihat. Insyaallah pulang dari Balabalakang akan saya tanda tangani langsung,” tambahnya. (edo)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!