Butuh Penanganan Serius, Penyakit Cebol di Enrekang Masih Tinggi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Warga yang mengidap penyakit stunting atau cebol Kabupaten Enrekang ternyata masih cukup banyak. Hal itu pun menjadi perhatian pihak Pemkab di bidang kesehatan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar seminar kesehatan terkait stunting di Pendopo Rujab, Sabtu, 4 November. Itu lantaran kasus cebol, pendek, atau yang biasa disebut kerdil itu dianggap sebagai masalah kesehatan yang perlu penanganan bersama.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Enrekang, Marwan Ahmad Ganoko, mengakui, butuh kerja sama dari pihak-pihak terkait untuk menanganinya. Di antaranya seperti Dinas Ketahanan Pangan maupun Pertanian.

“Saat ini, Enrekang masih tinggi karena faktor genetika. Tetapi faktor lingkungan juga berperan penting untuk mendorong perubahannya, di mana setiap orang tua harus menyadari sejak hamil butuh asupan makanan bergizi,” terang Marwan.

Ia menambahkan, asupan gizi itu terutama pemberian garam beryodium, makanan mengandung kalsium. Tak heran jika Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian juga bisa menyiapkan tanaman yang mendukung gizi. (mam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...