Please, Ada yang Mau Adopsi Bayi Ini

Sabtu, 4 November 2017 - 01:19 WIB

FAJAR.CO.ID, BANJARBARU – Pihak kepolisian nampaknya masih kesulitan mengungkap identitas orangtua bayi yang ditemukan di samping jembatan Jalan Transpol, Komplek Perumahan Sekar Arum Rt 33 Rw 11, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Minggu (22/10) tadi.

Belum diketahuinya identitas orangtua kandungnya, membuat Polsek Banjarbaru Timur dan Dinsos Banjarbaru sepakat untuk membuka pendaftaran, bagi masyarakat yang ingin mengadopsi bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Banjarbaru M Husni mengatakan, pendaftaran calon pengadopsi telah dibuka sejak Rabu (1/11) tadi dan akan ditutup pada tanggal 10 November.

“Setelah pendaftaran ditutup, kami kemudian menyeleksi para calonnya,” katanya.

Dia mengungkapkan, syarat-syarat bagi pasangan suami istri untuk mengadopsi bayi yang dibuang itu yaitu harus menyerahkan surat berkelakuan baik dari kepolisian. Kemudian, memiliki akta nikah dan mempunyai kemampuan ekonomi yang cukup.

“Selain itu, pasutri yang diperbolehkan mengadopsi ialah yang tidak mempunyai anak selama lima tahun perkawinan,” ungkapnya.

Hingga saat ini, dia menuturkan sudah ada tiga calon pengadopsi yang sudah mendaftar. Masing-masing dari Banjarmasin, Cempaka dan Banjarbaru Kota. “Rumah para calon tersebut nantinya akan kami survey, untuk mengetahui mana yang layak sebagai orangtua bayi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kapolsek Banjarbaru Timur AKP Avan Suligi mengakui jika hingga sekarang pihaknya belum menemukan orangtua pembuang bayi di wilayah hukumnya. “Sampai sekarang kami belum bisa mengungkap siapa orangtuanya, tapi akan dicari siapa orangtua yang mau mengadopsinya,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini bayi masih dirawat di bidan Puskesmas Cempaka. “Kondisinya sehat, dia bayi yang sangat lucu,” pungkasnya. (ris/ay/ran)