IYL Pulangkan TKI Asal Bone yang Kecelakaan di Malaysia

FAJAR.CO.ID -- Di tengah kesibukannya jelang Pilgub Sulsel 2018, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL), masih menyempatkan mengurus aksi kemanusiaan.

Mantan Bupati Gowa dua periode memfasilitas kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Bone yang mengalami kecelakaan di Tawau Malaysia.

Kabar IYL memfasilitasi kepulangan Intan, warga Desa Tanete, Kecamatan Cina, Bone, diketahui setelah staf Humas PMI Sulsel membeberkan evakuasi yang dilakukan jajarannya, setelah Intan tiba di Pelabuhan Parepare, melalui KM Bukit Siguntang, Kamis dini hari (2/11/2017).

Humas PMI Sulsel, Muhammad Supriadi menuturkan, pemulangan Intan ke kampung halamannya atas inisiatif IYL, setelah mendapat kabar dari PMI Kalimantan Utara mengenai adanya TKI yang kecelakaan di Malaysia.

“Beliau (IYL) langsung meminta untuk menindaklanjuti, termasuk mencari tahu alamat Ibu Intan di Bone. Setelah itu, kami bekerjasama dengan PMI Kalimantan Utara melalui program Restory Familiyk Link bersama BP3TKI memfasilitasi kepulangannya,” beber Supriadi dalam keterangan tertulis, Minggu (5/11/2017).

Menurut dia, setelah bekerjasama untuk pemulangan Intan, IYL kembali mengintruksikan untuk mengevakuasi dan mengantar langsung perempuan itu sampai ke kediaman keluarganya di Tanete, Bone, melalui kendaraan ambulance yang disiapkan khusus di Parepare. “Alhamdulillah, Bu Intan sudah tiba di kediaman keluarganya, setelah kami melakukan penanganan medis terlebih dahulu,” kata Adi, sapaan akrab Supriadi.

Terkait langkah pemulangan TKI tersebut, IYL yang sebelumnya juga sempat memfasilitasi kepulangan TKI asal Bantaeng, mengaku jika hal tersebut menjadi tanggungjawabnya dalam menjalankan aksi-aksi kemanusiaan. Apalagi, PMI Sulsel dan PMI di Indonesia, setiap saat menjalin koordinasi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...