Kenalan di Facebook, Dua Pria Ini Nekat Bawa Kabur Gadis 16 Tahun

Minggu, 5 November 2017 - 04:47 WIB
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

FAJAR.CO.ID, SUKADANA– Dua penculik gadis bawah umur di Klidang Wetan, Kabupaten Batang, Jateng berhasil diciduk di Perumahan Transmigrasi, Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar Sabtu (28/10).

Keduanya bernama Date Septiano dan Budi Prasojo alias Bejo.

“Kita hanya mem-backup tiga anggota Polres Batang yang melakukan pemburuan terhadap pelaku,” jelas AKBP Arief Kurniawan, Kapolres Kayong Utara, Minggu (29/10).

Diberitakan Rakyat Kalbar, Arief menceritakan, sebelum diculik, korban yang bernama Nella Agustin ini memang sudah berkenalan dengan pelaku di Facebook.

Mengetahui anaknya diculik, orangtua gadis 16 tahun itu korban membuat laporan ke Polres Batang pada 24 Oktober 2017.

Hasil penyelidikan awal, diketahui korban diculik dua orang. Pelacakan pun berhasil mengendus keberadaan kedua pelaku di Pulau Maya.

“Setelah anggota Reskrim Polres Batang mendatangi kami, kami koordinasikan dengan pihak Polsek Pulau Maya. Hasil penyelidikan membenarkan keberadaan kedua pelaku bersama korban di Perumahan Transmigrasi, Pulau Maya. Alhamdulillah, mereka berhasil kita amankan anggota polsek kita di sana,” terang Arief.

Perkara ini sudah diserahkan sepenuhnya ke Polres Batang. Begitu juga kedua pelaku dan korban bersama anggota Polres Batang yang sudah terbang ke Batang untuk menjalani proses selanjutnya.

“Walau kita beda daerah, kita selalu berjasama untuk mengungkap tindak kejahatan. Seperti penculikan anak ini,” ucapnya.

Bercermin dari kasus ini, Arief mengimbau kepada para orangtua agar dapat selalu mengawasi anak dalam berselancar di sosial media. Jangan memberikan kebebasan menggunakan smartphone.

“Sekarang jamannya sudah canggih. Media sosial sudah gencar. Untuk itu diharapkan kepada para orangtua dapat mengawasi anakanya. Kalau bisa awasi mereka. Jangan terlalu bebas bermain sosial media,” imbaunya. (lud/prokal)