Hanya Donald Trump yang Bisa Akses Twitter di Cina

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Cina memantau kebiasaan internet orang dan memblokir situs web seperti Twitter, Facebook, dan Google atas nama “melindungi keamanan nasional.”

Warga negara Cina bisa didenda atau bahkan hukuman penjara untuk posting media sosial yang tidak menguntungkan.

Pihak berwenang telah memperketat kontrol internet dalam beberapa bulan terakhir, mematikan blog gosip selebriti dan platform situs porno.

Lalu, bagaimana bisa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bebas bercuit di media Twiter selama kunjungannya ke Cina meski situs tersebut diblokir?

Kemungkinan Trump menggunakan virtual private network (VPN) – perangkat lunak yang memungkinkan orang menjelajah internet seolah-olah mereka menggunakan server di negara lain. Trump kemungkinan terhubung ke penyedia layanan berbasis AS, bukan yang Cina, meninggalkannya di luar jangkauan yang disebut Great Firewall.

“Saya yakin kita memiliki perlengkapan di atas pesawat ini untuk mewujudkannya,” kata pejabat senior Gedung Putih kepada wartawan di atas Air Force One sesaat sebelum Trump mendarat di Beijing.

“Itulah caranya berkomunikasi langsung dengan orang Amerika. Kenapa tidak?”

Pejabat itu meyakinkan, “Saya yakin kita memiliki perlengkapan di atas pesawat ini untuk mewujudkannya.”

Kemungkinan lain adalah penganturan resmi antara pemerintah AS dan Cina untuk membiarkan Trump menggunakan Twitter di jaringan Cina.

Pemerintah Cina saat ini mengizinkan orang asing mengakses Twitter dan Facebook jika ponsel mereka dalam mode jelajah. (mia/pjk/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...