Hendak ke Filipina, Densus 88 Amankan Simpatisan ISIS di Sulut – FAJAR –
Kriminal

Hendak ke Filipina, Densus 88 Amankan Simpatisan ISIS di Sulut

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror kembali menangkap terduga teroris berinisial AM alias Abu Musad di perbatasan Sangihe, Sulawesi Utara. Pelaku ditangkap saat akan berangkat ke Filipina.

“Dia salah satu simpatisan ISIS, mau bergabung ke Filipina Selatan,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Komplek Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (13/11).

Setyo menuturkan, penangkapan terhadap Abu Musad dilakukan atas kerjasama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Manado dengan kepolisian daerah Sulawesi Utara. Saat ini, ia telah dibawa ke Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan mendalam.

“Karena yang bersangkutan akan menyeberang ke Filipina dan karena dicurigai identitasnya dari Banten. Kemudian dibawalah ke Mako Lantamal dan diserahkan ke Polda Sulut, kemudian dari Polda Sulut dibawa ke Jakarta. Hari ini mungkin sudah sampai,” ungkap Setyo.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Polda Sulut, petugas menemukan barang bukti berupa data-data identitas serta gerak-gerik yang mencurigakan. Saat diperiksa, AM akhirnya mengakui akan berangkat ke Filipina. “Kemudian dia mengakui memang mau berangkat ke sana (Filipina Selatan),” tutur Setyo.

Lebih jauh, Setyo menuturkan, pada ponsel milik AM, polisi mendapat sejumlah nama yang dicurigai terkait dengan jaringan teroris, baik dari Filipina maupun Indonesia. “Ada beberapa yang dicurigai di handphone miliknya, baik yang di Filipina dan di Indonesia,” pungkas Setyo. (Fajar/jpg)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!