Naik Drastis, Ekspor Gurita di Sulsel Capai Rp 157 Miliar – FAJAR –
Ekonomi

Naik Drastis, Ekspor Gurita di Sulsel Capai Rp 157 Miliar

Foto: Syamsul Alam / FAJAR.co.id

FAJAR.CO.ID — Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam upaya pemberantasan IUU Fishing terbukti dapat meningkatkan ketersediaan gurita di alam yang berujung pada meningkatnya hasil tangkapan nelayan gurita.

Kepala BIKPM Makassar, Sitti Chadidjah, mengatakan bahwa volume ekspor gurita periode Januari hingga Oktober 2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Balai Besar KIPM Makassar mencatat volume ekspor gurita telah mencapai 1.891 ton dengan negara tujuan utama adalah Amerika Serikat (46,5%) dan Italia (22,1%). Selain itu, peluang ekspor gurita yang juga cukup baik adalah Vietnam (7,7%), Yunani (5,9%) dan Thailand (4,9%).

“Bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016, maka ekspor gurita tahun ini meningkat cukup tajam hingga 96,8% dari angka 961 ton di tahun 2016 menjadi 1.891 ton di tahun 2017,” ujarnya di kantor BKIPM Makassar, Senin (13/11/17).

“Tingginya volume ekspor gurita ini menjadikan gurita masuk sebagai lima besar ekspor komoditi perikanan di Sulawesi Selatan dengan nilai ekspor hingga akhir Oktober 2017 mencapai US$ 11,2 juta atau setara Rp 157 miliar,” tambahnya.

Peningkatan volume ekspor ini juga seiring dengan peningkatan jumlah Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang mengekspor gurita, baik dalam bentuk segar maupun beku di Sulsel, yaitu dari 27 UPI di tahun 2016 menjadi 33 UPI di tahun 2017.

“Naiknya harga dan permintaan pasar ekspor gurita terutama di negara Eropa juga menjadi faktor penentu tingginya volume ekspor gurita di Sulsel Tahun ini. Tercatat permintaan eskpor gurita ke Italia meningkat 187% dan permintaan ekspor ke Amerika Serikat juga meningkat sebesar 40%,” tegasnya.

Dalam rangka mendukung peningkatan ekspor gurita di Sulsel, Balai Besar KIPM Makassar berupaya untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penerapan sistem jaminan mutu pada proses pengolahan gurita tersebut.

“Diharapkan dengan peningkatan pengawasan tersebut, maka kepercayaan pasar Eropa terhadap pemenuhan persyaratan jaminan mutu produk gurita Sulsel dapat terpenuhi yang pada akhirnya dapat meningkatkan pula volume ekspor gurita ke negara-negara di Uni Eropa,” harapnya. (sul/fajar)

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!