Ada yang Coba Ganggu Deklarasi NH-Aziz, Begini Strategi Panitia…

Rabu, 15 November 2017 - 16:01 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Panitia Deklarasi Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) terus mematangkan persiapan menjelang rangkaian kegiatan yang berlangsung 15-19 November mendatang. Tidak hanya teknis tiap kegiatan, tapi langkah pengamanan juga disiapkan berupa koordinasi dengan Polri dan TNI. Termasuk mengantisipasi adanya penyusup.

Tidak bisa dipungkiri, potensi gangguan kamtibmas dalam rangkaian acara deklarasi NH-Aziz memang ada. Pasalnya, kegiatan tersebut diproyeksikan melibatkan banyak massa dan digelar hingga malam hari, baik itu kirab keliling Sulsel pada Kamis, 16 November maupun puncak deklarasi NH-Aziz di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Jumat, 17 November.

“Kami berupaya melakukan antisipasi untuk keamanan pelaksanaan kegiatan, mulai dari kirab sampai puncak deklarasi. Untuk kirab misalnya, pengamanan dilakukan mulai dari titik start (Bone dan Luwu) hingga selesai sampai tujuan (Makassar),” kata Ketua Panitia Deklrasi NH-Aziz, Andi Patawari, Rabu, 15 November.

Patawari menyatakan pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Polri sebagai penanggungjawab keamanan dan ketertiban. Koordinasi tidak sekadar dilakukan panitia di Makassar. Para petinggi Golkar di tiap kabupaten/kota disebutnya juga berkoordinasi dengan para Kapolres. Langkah itu guna memastikan keamanan massa kirab maupun kenyamanan masyarakat.

“Intinya koordinasi dengan kepolisian terus berjalan. Kami juga sudah melaporkan ke Kapolda Sulsel terkait izin resmi kegiatan. Kapolda sudah memberikan instruksi berupa surat perintah ataupun telegram untuk pengamanan seluruh rangkaian kegiatan. Insya Allah, yang kami lakukan sudah maksimal.”

“Termasuk nanti pada saat puncak acara deklarasi NH-Aziz di Lapangan Karebosi, kami juga sudah minta bantuan pengamanan dari kepolisian. Bahkan, bantuan juga kami ajukan kepada aparat keamanan lain, seperti TNI,” sambung Patawari yang juga mantan Wadir Intelkam Polda Sulsel.

Rangkaian acara deklarasi NH-Aziz diproyeksikan penuh kemeriahan dan melibatkan banyak massa. Untuk kirab keliling saja, diperkirakan setidaknya ribuan massa siap mengawal NH dari Bone dan Aziz dari Luwu menuju Makassar. Lalu pada puncak acara deklarasi di Makassar, ratusan ribu massa diprediksi tumpah ruah di Lapangan Karebosi.

Deklarasi NH-Aziz dipastikan pula bertabur tokoh nasional dan tokoh lokal. Beberapa tokoh nasional yang siap hadir adalah Ketua Dewan Pembina Golkar, Aburizal Bakrie; Ketua Hanura sekaligus Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang; Ketua PKB, Muhaimin Iskandar; Ketua PKPI Hendropriyono; Ketua PPP, Djan Faridz, Ketua Golkar, Setya Novanto dan Sekjen NasDem, Johnny G Plate. (rls)