Tiga ‘Raja’ Pencuri Sadis di Makassar Dibekuk, Ada Parangnya Juga – FAJAR –
Makassar

Tiga ‘Raja’ Pencuri Sadis di Makassar Dibekuk, Ada Parangnya Juga

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tim Resmob Polda Sulsel berhasil amankan tiga pencuri sadis di Makassar. Ketiga pencuri ini ternyata sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh Polres Gowa.

Saat melancarkan aksi pencurian, tiga pelaku ini terbilang sadis. Mereka tak tanggung-tanggung menyakiti korban, karena saat beroperasi mereka sering membawa alat tajam (Parang). Itu diketahui saat penangkapan, polisi juga amankan sebilah parang dari tangan pelaku.

Ketiganya adalah Muh Yoko alias Sobek (21), warga Jalan Katangka. Erwinsyah (21) beralamat di Jalan Borong Raya Lorong 2. Serta Ipang Botto (35), warga Jalan Gantara Lorong 7. Muh Yoko ditangkap terlebih dahulu oleh aparat kepolisian, usai menjalankan aksinya di sebuah rumah samping kantor Samsat Gowa beberapa waktu lalu.

Sobek ditangkap saat pihak kepolisian mencium keberadaannya di Jalan Syekh Yusuf. Tanpa perlawanan ia berhasil dibekuk. Selanjutnya digelandang ke markas Resmob Polda Sulsel di Jalan Hertasning.

Di hadapan polisi, Yoko mengakui perbuatannya. Ia bersama dua rekannya melakukan pencurian di samping kantor Samsat Gowa. Mereka adalah Erwinsyah dan Ipang Botto. Mendengar ‘nyanyian’ tersangka Yoko, polisi kemudian melakukan pengembangan.

Minggu sore (12/11) sekitar pukul 17.00 Wita, tersangka digiring untuk menunjuk tempat persembunyian kedua rekannya.

Akhirnya, dua tersangka lainnya berhasil dibekuk. Erwinsyah diciduk ketika tengah berada di Jalan Borong Raya. Sementara Ipang Botto diamankan di Jalan Gantara. Dari tangan keduanya, polisi mengamankan barang bukti berupa sebilah parang serta satu handphone Samsung.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Senin (13/11), mengkonfirmasi pengungkapan kasus ini. ”Ketiga tersangka merupakan spesialis curat di wilayah hukum Polrestabes Makassar dan Polres Gowa. Kasusnya masih dalam penyidikan dan pengembangan,” terang Kombes Dicky.

Menurut pengakuan tersangka seperti ditirukan Kabid Humas, mereka kerap melancarkan aksinya di wilayah hukum Polsek Panakkukang. ”Kalau tersangka Yoko menyebut ada 18 titik lokasi aksinya. Sedangkan Erwinsyah di 8 titik. Sementara Ipang turut serta bersama keduanya,” jelas Dicky lagi.

Usai merampungkan pemeriksaan dan barang bukti, tim Resmob Polda Sulsel kemudian menyerahkan ketiga tersangka ke Polsek Panakkukang. Sebab mereka banyak melakukan aksi pencurian di wilayah ini.
Dalam catatan ‘hitam’ ketiganya di Mapolsek Panakkukang, masih ada dua rekannya yang belum ditangkap. SD dan BS kini dalam pengejaran dan berstatus DPO.

Dari berbagai aksinya, tersangka menggasak sejumlah motor serta HP. Mereka tak segan-segan melukai korban jika tak mau menyerahkan barang berharga miliknya. (Aiy/Fajar/BKM)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!