Mau Mencicipi Kopi Luwak Gratis, Yuk ke Agrowisata Sulodco Toraja

Jumat, 17 November 2017 - 23:23 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKALE — Kawasan wisata Agri Kopi Sulodco Jaya Abadi, kembali memanjakan para wisatawan dengan menyajikan kopi Luwak gratis yang memiliki cita rasa dan aroma khas Toraja.

Di agrowisata kopi yang terletak di Bolokan Lembang Tiroan Kecamatan Bittuang itu, para pengunjung akan diajak berkeliling menikmati hamparan pekebunan kopi seluas 700 hektare yang merupakan peninggalan Belanda. Itu terlihat dari penggorengan kopi beton yang sudah ada sejak tahun 1935.

Penggorengan kopi beton itu tampak sudah berlumut, sebab sudah tidak digunakan lagi oleh pihak perusahaan pengelola. Penggorengan kopi diganti dengan peralatan canggih seiring dengan kemajuan tehnlogi.

Untuk mencapai lokasi agrowisata, harus ditempuh selama satu jam menggunakan kendaraan. Jalur jalan terjal dan tikungan tajam pun harus dilalui.

”Bagi pengunjung, pengelola menyiapkan tempat berfoto selfie dengan 452 ekor Luwak yang sedang makan biji kopi sudah matang,” kata Kepala Perkebunan PT Sulodco Jaya Abadi, Samuel Karundeng, Jumat (17/11).

Pengunjung dapat menikmati secangkir kopi luwak secara gratis, dan merasakan sensasi kopi bercita rasa dan bernilai ekonomis tinggi dengan cuma-cuma.

Samuel menjelaskan, kopi produksi Sulodco adalah kualitas ekspor jenis Arabika dan Robusta. Mulai dari proses petik, penjemuran, dan sortir dilakukan dengan baik. Tidak heran jika pesanan kopi negara tujuan ekpor nilai produksi PT Sulodco bernilai ekonomis dengan harga jual tinggi dipasaran international.

Wisatawan domestik maupun mancanegara ke kawasan kopi Sulodco, akan dipandu petugas perkebunan sambil mendengar penjelasan soal proses racikan dan seduh Luwak kopi. (agus)