Begini Rasanya Kalau Laba-laba Siap Bertelur Ngendok di Dalam Telinga

Sabtu, 18 November 2017 - 20:50 WIB

FAJAR HEALTH — Mengorek kuping dengan cotton bud atau Q-tip bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan, baik sekedar membersihkan atau memang karena ketagihan dengan kebiasaan yang satu ini.

Namun tahukah Anda bahwa ear wax atau cairan alami yang dihasilkan telinga Anda memiliki fungsi penting, salah satunya untuk menghalangi binatang kecil menyusup ke dalamnya.

Kisah dari user Reddit yang satu ini mungkin akan merubah pandangan Anda soal kebiasaan Anda membersihkan telinga:

“Saya punya kebiasaan membersihkan telinga, meski saya tahu bahwa tidak seharusnya memasukan benda asing ke dalamnya. Saya selalu merasa resah ketika kedua telinga saya serasa kurang cukup bersih dan menggunakan pembersih telinga atau apapun itu untuk mengeluarkan ear wax. Sampai suatu malam saya merasa ada yang salah dengan telinga saya yang terasa gatal dan tidak biasa. Saya merasa ada yang tersangkut di dalamnya.

“Saya pun berusaha mengeluarkannya namun rasanya kanal telinga ini seperti tertusuk sesuatu dan saya pun teriak kesakitan. Saya pun bergegas menuju IGD terdekat di mana dokter memasukan kamera kecil ke dalam telinga. Di sana saya shock melihat seekor wolf spider (laba-laba) menatap kamera itu tanpa berkedip. Dokter pun mengambil langkah pertolongan dengan menyuntikan serum untuk ke dalam kepala laba-laba itu, kami menyaksikan bagaimana laba-laba dengan kantung penuh telur ia mati secara perlahan. Saya tidak bisa menggambarkan betapa mengerikannya saat itu. Kejadian itu meninggalkan kerusakan permanen pada telinga saya. Sejak saat itu saya menyadari bahwa earwax berfungsi sebagai filter bagi telinga, menghidarkannya dari bahaya, seperti laba-laba contohnya,” kata CherryTanPanPyro mengingatkan untuk menggunakan tenaga ahli jika Anda benar-benar ingin membersihkan bagian dalam telinga Anda ketimbang melakukannya sendiri.

(ruf/fajar)

Sumber: WomensHealthMag.com