BMKG Himbau Warga untuk Waspada

0 Komentar

FAJARCO.ID, TANJUNG REDEB – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau, membenarkan siaran pers BMKG Jakarta beberapa waktu lalu, terkait potensi hujan intensitas tinggi di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah Kalimantan Timur mulai 17 hingga 20 mendatang.

Diungkapkan oleh Tenaga Prakiraan Cuaca BMKG Berau, Ade Heryadi, di Berau sendiri cuaca ektrem diperkirakan bakal terjadi hingga dua hari ke depan. Untuk itu mengingatkan masyarakat Berau untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bakal terjadi pekan ini.

“Hujan dengan intensitas ringan sampai lebat diperkirakan bakal mengguyur Berau. Khusus di Kecamatan Segah dan Kelay berpotensi terjadi hujan lebat, untuk wilayah lainnya di Berau berpotensi hujan ringan-sedang,” ungkap Ade Heryadi, kemarin (18/11).

Cuaca ekstrem ini, ia mengimbau kepada masyarakat agar waspada terjadinya hujan dengan intensitas tinggi yang menjadikan permukaan tanah menjadi jenuh air. Akibatnya, air hujan tidak lagi dapat terserap ke dalam permukaan tanah tapi mengalir di permukaannya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar mengurangi aktivitas di lerengan tanah atau di daerah yang berbukit serta daerah yang topografi permukaannya rendah. Hal tersebut sebagai bentuk antisipasi terhadap bahaya longsor.

“Kita pasti pantau terus. Kalau ada perubahan yang signifikan, informasi akan di-update kembali. Sementara, untuk beberapa ke depan waspada saja dan berhati-hati dengan kemungkinan dampaknya, seperti banjir, tanah longsor, banjir, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin,” ungkapnya.

Sementara untuk di wilayah pesisir, ujarnya, prakiraan tinggi gelombang sampai beberapa hari mendatang berkisar antara 0,25 hingga ketinggian 1 meter. Maka itu, ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional agar berhati-hati. (*/ech/app)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...