Dahulu Peserta, Kini Farahdiba Koordinator LPDP di Austalia

Beberapa tahun lalu, Farahdiba Rahma Bachtiar harus memeras keringat untuk menjadi peserta penerima beasiswa. Sekarang, keadaan berbalik untuknya.

================ Dewi Sartika Mahmud Makassar ================

SELAIN mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi S3 Hubungan Internasional di Melbourne Institute of Technology, Farahdiba kini dipercaya sebagai Koordinator Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Austalia.

Perempuan asal Kabupaten Pangkep, Sulsel, membagi kisa inspiratifnya ketika berkunjung ke redaksi Harian FAJAR di Graha Pena Makassar. Mengenakan hijab cokelat, baju berwarna krem serta celana biru, Diba sapaannya, berbagi pengalaman seputar kegiatannya di Australia.

Alumni S1 Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin ini membagikan pengalamannya mulai saat menjadi peserta pertukaran pelajar di Amerika Serikat tahun 2006, hingga meraih beasiswa S3 dari LPDP di Melbourne. Selain mengikuti perkuliahan, Diba juga sibuk memperkenalkan budaya Sulsel kepada warga di Australia.

Di kampusnya, Melbourne Institute of Technology, dia terpilih menjadi komite etik kampus wakil Indonesia. Dari situlah dia menyusun program untuk menyosialisaiskan budaya Indonesia, khususnya Sulsel. Misalnya, memperkenalkan bagaimana merayakan proklamasi kemerdekaan RI, setiap 17 Agustus di Indonesia, juga mengajarkan tari empat etnis Sulsel dan tari zaman kepada pelajar di Austarlia.

"Tak hanya budaya, setiap akhir pekan saya bersama gabungan pelajar Indonesia berkumpul di taman dan mengajarkan membuat kue-kue tradisional kepada masyarakat Australia, seperti jalangkote, barongko dan sebagainya, ternyata mereka suka," tutur wanita kelahiran Pangkep, 26 Februari 1988.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...