Perbaikan Jalan Andi Djemma Dianggarkan Rp60 Miliar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemkot Makassar mengusulkan perbaikan Jl Prof Basalamah (eks Jl Racing Centre). Betonisasi ruas jalan depan kantor gubernur Sulsel itu diusulkan Rp30 miliar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menjelaskan, perbaikan jalan menjadi fokus sesuai usulan warga. "Tidak ada proyek yang besar tahun depan, kebanyakan yang kita usulkan itu perbaikan jalan, itu juga kita lihat dari hasil reses anggota DPRD, karena keluhan masyarakat kita mengenai jalan memang masih tinggi," kata wali kota yang akrab disapa Danny itu, Selasa, 21 November.

Danny menambahkan, selain membenahi ruas jalan, jalur pejalan kaki atau pedestrian juga akan dibenahi, seperti pedestrian Jl Nusantara yang tidak sempat dituntaskan tahun ini. Begitupun pedestrian di Jl Andi Jemma nantinya.

Kepala Bidang Teknis, Dinas PU Kota Makassar, Answard, menjelaskan, anggaran pembangunan jalan bintang lima di Jl Andi Jemma dan perbaikan ruas jalan lainnya sudah diusulkan dalam rancangan APBD 2018. Sisa menunggu pembahasan di DPRD. "Jumalah keseluruhan jalan yang diusulkan dikerjakan belum bisa kita sampaikan. Tapi yang anggaranya paling tinggi itu jalan bintang lima kita usulkan Rp60 miliar, nanti kita lihat berapa yang disetujui oleh DPRD," katanya, saat ditemui di ruang kerjanya.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Makassar, Tajuddin Beddu, mengatakan, DAK untuk jalan tahun depan lebih besar. Tahun ini hanya Rp20 miliar. "Salah satu target pembangunan jalan dari DAK 2018 yakni Jl Racing Center. Lainnya untuk jalan lingkungan," kata Tajuddin.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Makassar, Erwin Syafruddin Haiyya, mengatakan, DAK yang diterima Pemkot Makassar untuk pembangunan fisik tahun depan meningkat. "DAK untuk jalan Rp69 miliar dan kesehatan Rp93 miliar. Sisanya terbagi ke seluruh OPD," ujar Erwin, Selasa, 21 November.

Selain DAK fisik, kata Erwin, Pemkot Makassar juga mendapat DAK non fisik Rp266 miliar. Peruntukannya untuk pelayanan administrasi. (far-bay/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Syarifah Fitriani


Comment

Loading...