Teknik Perkapalan Unhas Latih Warga Buat Pelampung Fiberglass

FAJAR.CO.ID -- Departemen Teknik Perkapalan Unhas belum lama ini melaksanakan pelatihan pembuatan pelampung dari fiberglass sebagai pengganti pelampung dari botol air mineral bagi petani rumput laut di area Pattontongan, Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulsel.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh beberapa dosen pada Departemen Teknik Perkapalan Unhas, yaitu Farianto Fachruddin, Syamsul Asri, Mohammad Rizal Firmansyah, Wahyuddin, dan Andi Mursid Nugraha. Ini sebagai wujud dari tanggung jawab sosial Departemen Teknik Perkapalan dalam membantu masyarakat sesuai bidang ilmu Teknik Perkapalan.

Farianto Fachruddin sebagai ketua tim mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan praktis kepada petani rumput laut di area sasaran dalam proses pembuatan pelampung dari fiberglass sebagai pengganti pelampung dari botol air mineral pada budidaya rumput laut.

Sebanyak kurang lebih 15 petani rumput lamput dalam dalam dua kelompok petani menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Pelampung dari fiberglass ini akan dapat menjadi pengganti botol bekas dengan daya tahan jauh lebih lama dari botol bekas. Selain itu, jika rusak, mereka bisa memperbaiki sendiri dengan menambal kerusakannya.

Gaffar, salah seorang petani rumput laut yang menjadi peserta pelatihan ini merasa sangat senang dan sangat antusias mengikuti pelatihan. Dia berharap bahwa akan ada kelanjutan dari program ini nantinya, karena manfaatnya sangat besar bagi dirinya dan bagi masyarakat petani rumput laut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...