Ada Wakil Ketua, Pimpinan DPR Tak Butuh Plt

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kekosongan kursi Ketua DPR RI nampaknya tak menjadi masalah diinternal pimpinan DPR, hingga penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) tidak begitu penting.

Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan menjelaskan, penunjukan Plt Ketua DPR adalah kewenangan internal pimpinan di DPR sendiri. Pasalnya, penunjukan Plt tidak ada kaitannya dengan tata tertib dan MD3.

“Kalau Plt, itu internal pimpinan karena tidak ada kaitannya dengan tata tertib dan MD3. Jadi tergantung kesepakatan pimpinan DPR yang lain,” kata Taufik di Gedung DPR RI, Rabu (29/11).

Dikatakannya, tugas pimpinan DPR hanya menjalankan administrasi, hingga kehadiran Plt tak begitu pengaruh dilingkup pimpinan DPR. “Itu hanya menjalankan administratif saja,” jelasnya.

Meski demikian, penunjukan Plt bisa saja terjadi bila ada kesepakatan antar pimpinan DPR yang ada, karena tugas dari pimpinan DPR itu hanyalah memudahkan proses administrasi.

“Ada atau tidak, itu hanya tergantung dari kesepatan pimpinan yang ada. Plt itu hanya ada di internal rapat pimpinan dewan. Tugasnya hanya memudahkan administratif, baik surat masuk maupun surat keluar,” jelasnya.

Untuk diketahui, posisi Ketua DPR RI yang ditinggalkan Setya Novanto atas kasus hukum yang menjeratnya belum juga terisi. Bahkan, Partai Golkar selaku pemilik hak atas posisi tersebut belum juga menunjuk pengganti.

Sementara itu, Setya Novanto sendiri akan menjalani sidang perdana Praperadilan atas tuduhan kasus korupsi E-KTP besok, Kamis (30/11) di Pengadilan Jakarta Selatan. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...