Rebutan Telur dari Pohon Pisang Warnai Maulid Nabi di Polman

FAJAR.CO.ID, POLMAN -- Ada yang unik dari perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurut Taubah KH Muhammad Tahir Imam Lapeo di Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Jumat 1 Desember 2017 tadi, yakni tradisi berebut telur dari pohon pisang. Dalam perayaan umat Islam ini, tradisi berebut telur yang ditusuk ke pohon pisang itu sudah mulai hilang tergerus zaman.

Perayaan maulid nabi yang bertema, Meningkatkan cinta kepada Rasulullah SAW dengan menjadikannya saritauladan di dalam kehidupan, dihadiri Gubernur Sulbar, perwakilan Bupati Polman dan Kapolda Sulbar. Kegiatan pun diisi dengan ceramah hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Syahrir Nuhun.

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, yang turut menghadiri perayaan, mengungkapkan, rebutan telur itu sudah jadi ritual tersendiri bagi masyarakat suku mandar dan suku bugis saat perayaan maulid nabi. Tidak hanya anak-anak saja, tapi orang dewasa juga ikut dalam ritual seru itu.

"Terlepas dari itu, semoga semua umat muslim dapat mengambil hal yang positif dari perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini. Perkuat iman untuk bekal di akhirat nanti," katanya.

Sementara itu, Ermiati, salah seorang mahasiswi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sementara melaksanakan kegiatan kuliah kerja di Kecamatan Campalagian ini, mengaku takjub dengan tradisi masyarakat Polman yang masih terjaga. Bahkan kegiatan seperti ini pun sudah tidak didapatkan lagi di kota besar.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Syarifah Fitriani


Comment

Loading...