Aplikasi Karya Stikom Bali Mudahkan Pelajar Tahu Posisi Bus Sekolah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Memanfaatkan fasilitas bus sekolah gratis pemerintah Kota Denpasar sejak 13 November 2017, para siswa maupun orang tua harus memiliki aplikasi Si Bused yang dapat diunduh secara gratis di playstore.

Aplikasi Si Bused ini adalah buatan tim Stikom Bali yang diketuai oleh I Ketut Dedy Suryawan, S.Kom., M.Kom., bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Denpasar.

Dedy Suryawan mengatakan, nama aplikasi Si Bused ini diambil dari akronim Sistem Informasi Bus Sekolah Denpasar.

Disebutkan, aplikasi si Bused ini memiliki fitur seperti Trayek Bus, video streaming, Info Siswa, Info Bus, Galeri, Laporan, dan Hubungi Kami.

“Aplikasi ini ada dua sistem, yakni berbasis android dan web. Untuk android bermanfaat untuk para pelajar dan orang tua, sedangkan berbasis web bermanfaat untuk operator,” kata Dedy.

Dedy menjabarkan, fitur Trayek Bus memudahkan para siswa memonitor pergerakan bus. “Jadi fitur ini sama seperti kita memesan grab,”kata Dedy Suryawan, yang juga Kabag Pengembangan Sistem Informasi Stikom Bali.

Menariknya, para orang tua dapat memonitor anaknya apakah sudah ada dalam bus atau tidak, dengan memanfaatkan fitur video streaming maupun CCTV.

“Kalau menu info Siswa untuk mengetahui pelajar siapa yang gak masuk sehingga tidak perlu ditunggu oleh si pengemudi.

Kalau info bus untuk mengetahui siapa pramudi (sebutan untuk supir) dan siapa pramujasa (sebutan untuk kondektur).

Lengkap dengan nomor telepon mereka, jadi kalau orang tua ingin tahu anaknya dalam bus, bisa berkomunikasi dengan pramudi atau pramujasa,” terang dedy. (rb/jul/mus/mus/JPR)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...