Makassar Alami Inflasi Tertinggi Dari Kota Lain Di Sulsel – FAJAR –
Ekonomi

Makassar Alami Inflasi Tertinggi Dari Kota Lain Di Sulsel

Kepala Bidang Distribusi Badan Pusat Statistik Sulsel, Akmal SSi. Foto: Syamsul Alam/fajar.co.id

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan merilis data perkembangan indeks harga konsumen/inflasi di Sulawesi Selatan pada bulan bulan Nobember sebesar 0,28 persen, Senin (4/12/17).

Kepala Bidang Distribusi Badan Pusat Statistik Sulsel, Akmal, SSi mengatakan bahwa dari 5 kota IHK di Sulsel, semua kota tercatat mengalami inflasi. Inflasi tertinggi yaitu di Makassar dan inflasi terendah yaitu di Palopo.

“Dari 5 kota yang kami hitung inflasinya, semua kota mengalami inflasi dan yang paling tinggi yaitu Makassar sebesar 0,33 persen, dan inflasi terendah itu Palopo sebesar 0,02 persen,” Ujar Akmal kepada awak media di Kantor BPS Sulsel.

Sementara itu, inflasi di Sulsel pada Novemner 2017 disebabkan oleh naiknya harga komoditi pada enam kelompok pengeluaran.

“jadi dari 7 kelompok pengeluaran, terdapat 6 kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks seperti, bahan makanan, makanan jadi, pengeluaran perumahan, kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Sementara yang mengalami deflasi yaitu kelompok sandang,” Ungkapnya.

Jika dibandingkan inflasi Sulsel di tahun 2015-2017, inflasi di bulan November tahun 2017 lebih rendah dibandingkan dibupan yang sama tahun 2016 sebesar 0,45 persen, sementara tahun 2015 inflasi sebesar 0,26 persen. (sul/fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!