Pengungsi Rohingya Akan Ditempatkan di Pulau Khusus Lengkap dengan Fasilitas

Rabu, 6 Desember 2017 18:08

FAJAR.CO.ID- Bangladesh berencana memindahkan pengungsi Rohingya ke sebuah pulau di dataran rendah. Mereka segera membangun fasilitas bagi pengungsi di sana.

Sekitar 100.000 dari satu juta lebih pengungsi Rohingya yang tinggal di Bangladesh akan dipindahkan ke Thengar Char pada bulan November 2019. Thengar Char adalah sebuah pulau terpencil yang rawan banjir di Teluk Benggala. Rencananya USD 278 juta akan dikeluarkan oleh Kantor Menteri Perencanaan Bangladesh Mustafa Kamal.
Sekitar 626.000 muslim Rohingya tiba di Bangladesh sejak Agustus. Mereka bergabung dengan pengungsi Rohingya lainnya yang berjumlah hingga 300.000 orang. Pengungsi mengatakan, mereka melarikan diri dari kekerasan yang dilakukan oleh militer di Myanmar.
Militer Myanmar dituding melakukan pemusnahan etnis rohingya. Namun mereka membantah melakukan kekerasan terhadap etnis Rohingya. Mereka mengatakan, pihaknya hanya menargetkan kelompok militan yang bertanggung jawab atas pembunuhan aparat keamanan.
Seperti dilansir CNN, Rabu, (6/12), PBB, Amerika Serikat, dan Inggris menyebut situasi di negara bagian Rakhine merupakan upaya pemusnahan etnis Rohingya oleh militer Myanmar. Kepala Hak Asasi Manusia (HAM) PBB meminta agar masalah genosida tidak dibiarkan.

Bagikan berita ini:
3
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar