Nasional

Soal Palestina, Jokowi Harus Berani Usir Dubes AS

Foto: dok/fajar.co.id

FAJAR.CO.ID — Reaksi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), terhadap sikap Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dinilai hanyalah retorika politik untuk mendulang simpatik.

Ketua Progres 98, Faizal Assegaf, menilai, pendekatan diplomasi Jokowi tersebut sudah usang, norak dan tidak serius untuk berupaya melindungi hak dan keadulatan bangsa Palestina.

Sementara, lanjutnya, apa yang dilakukan oleh penguasa AS adalah tindakan kriminal, pelanggaran serius atas konsensus internasional dan menunjukkan permusuhan kepada seluruh umat Islam.

“Sebagai Kepala Negara yang memimpin rakyat Indonesia yang berpenduduk mayoritas Islam, Jokowi mesti bersikap tegas dan bertindak konkret,” sambung Faizal via keterangan tertulis, Kamis (7/12/2017).

Harusnya, kata Faizal, Jokowi bersikap mewakili aspirasi rakyat untuk menutup dan mengusir Kedutaan Besar AS di Indonesia. “Tapi, faktanya Jokowi enggak bernyali,” tutur Faizal.

Menurutnya, kalau Jokowi tidak segara mengambil sikap tegas, jangan salahkan bila jutaan umat Islam turun ke jalan melancarkan protes keras.

“Umat Islam berhak meluapkan kemarahan dan menunjukan solidaritas kepada bangsa Palestina. Hal itu merupakan keniscayaan dan sejalan dengan amanah konstitusi.”

“Kami tidak percaya dan mengandalkan pernyataan omong kosong rezim Jokowi. Jangankan membela hak umat di pentas internasional, di dalam negeri aja gemar melakukan kriminalisasi terhadap ulama,” sambungnya.

Kenyataan tersebut secara substansi, sambung Faizal, menunjukkan perilaku Jokowi beda tipis dengan kelakuan Donal Trump yang gencar mempertontonkan kebencian kepada umat Islam.

Ia pun mengajak umat Islam perlu waspada dan terus menggalang konsolidasi untuk mengambil tindakan tegas. Pilihan untuk melakukan aksi protes secara besar-besaran ke Kedubes Amerika disebutnya pilihan tepat.

“Tunjukan kepada Amerika dan dunia internasional bahwa bangsa Indonesia berdiri di garis terdepan membela hak dan kedaulatan bangsa Palestina!” tegasnya menutup. (*/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!