Skenario Hentikan Dominasi Ronaldo dan Messi

FAJAR.CO.ID, PARIS – Penghargaan bergengsi yang diadakan Majalah Football Prancis, Ballon d’Or dalam satu dekade terakhir ‘hanya jadi milik’ Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Lalu siapa dan bagaimana cara menghentikan dominasi kedua pemain ini?

Saban tahun, di malam gala Ballon d’Or, selalu muncul pertanyaan siapa bisa hentikan Messi dan Ronaldo. Sebab sejak 2008 silam, hanya dua pemain ini yang silih berganti meraih penghargaan ini.

Saat ini keduanya sudah sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d’Or. Meski pada saat bersamaan bermunculan talenta-talenta hebat lapangan hijau, namun belum bisa menghentikan Ronaldo ataupun Messi.

Sebut saja Wesley Sneijder, Neymar, Eden Hazard hingga kini muncul nama baru seperti Kylian Mbappe dan Paulo Dybala.

Tapi skil mumpuni mengolah si kulit bundar tak cukup mengalahkan Messi dan Ronaldo. Sebab sampai saat ini keduanya dianggap masih yang terbaik.

Bahkan ketika salah satu dari mereka tidak meraih prestasi bergengsi dalam semusim, tetap saja mereka jadi peraih gelar individu bergensi ini.

Seperti pada Ballon d’Or 2010, kala itu Wesley Sneijder tampil luar biasa bersama Inter Milan dengan meraih treble winner. Ia juga membantu negaranya, Belanda tampil di final Piala Dunia 2010, meski akhirnya takluk dari Spanyol yang jadi juara.

Tapi Ballon d’Or kala itu jatuh (lagi) ke tangan Messi yang ‘hanya’ meraih gelar juara La Liga. Bersama timnas Argentina pun hanya sampai ke perempat final Piala Dunia 2010.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hariman Kaimuddin


Comment

Loading...