Ibu Kota Pengganti Jakarta Segera Diumumkan, Lokasinya di Luar Jawa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Pemerintah pusat rupanya serius memindahkan ibu kota negara. Kajian yang dilakukan Bappenas terhadap pemindahan ibu kota juga mulai menemukan titik terang.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan bahwa hingga saat ini sudah ada beberapa pilihan daerah yang akan ditetapkan sebagai ibu kota.

Nantinya, daerah-daerah tersebut akan dimasukkan dalam kajian.

“Sudah muncul beberapa kandidat, nanti akan disampaikan dalam kajiannya,” ujarnya usai Sarasehan 100 Ekonom di Grand Sahid, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Sayangnya, mantan Menteri Keuangan ini enggan menyebutkan di mana lokasi tepatnya. Yang jelas, calon ibu kota baru itu ada di luar Pulau Jawa.

“Enggak boleh, yang pasti luar Jawa,” terangnya.

Diperkirakan, kajian itu akan selesai pada akhir Desember. Sehingga pihaknya bisa langsung mengajukan ke Presiden Joko Widodo.

“Daerah a,b,c. Saya harus lapor dulu ke presiden. Akhir Desember selesai, baru lapor presiden. Sekarang hampir selesai,” terangnya.

Kajian itu, kata Bambang meliputi seluruh aspek terkait pembiayaan dan perkiraan kebutuhan untuk pemindahan ibu kita.

“Lokasi, termasuk skema pembiayaan, perkiraan kebutuhan, dan lain-lain. Tapi belum sampai desain mengenai kotanya,” tutupnya. (hap/hana/JPC/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...