Wow, Semarang Dinobatkan Sebagai Kota Cerdas Tahun Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG — Dalam sebuah survei rating, Kota Semarang dinobatkan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2017. Survei tersebut dilakukan merata pada 93 kota di Indonesia.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (11/12).

Dalam acara penganugerahan itu disebutkan Semarang dianggap telah mampu mengelola kota dengan menyelesaikan berbagai tantangan dengan solusi inovatif, terintegrasi, serta berkelanjutan. Selain itu, Ibu Kota Jawa Tengah tersebut juga dinilai mampu menyediakan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas hidup warganya. Salah satunya penerapan kota pintar.

Tentang penerapan kota pintar itu, Hendrar Prihadi menyampaikan penerapannya melalui 204 sistem serta aplikasi untuk pelayanan warga. ”Karena itu pola kerjanya adalah bukan kami bisa buat apa, tapi masyarakat butuhnya apa. Harus bottom-up dan pola seperti itu yang kami gunakan,” paparnya.

Salah satu kebutuhan tersebut adalah tentang pemantauan lalu lintas. Dan Pemkot Semarang membuat aplikasi air traffic control system atau biasa disebut ATCS Lali Semarang.

”Animo masyarakat cukup besar terhadap aplikasi ini. Ternyata masyarakat memang butuh itu untuk memantau lalu lintas yang akan dilewatinya, sebagai solusi permasalahan yang dihadapi sehari-hari,” terangnya. (gul/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...