2018, Bonus Hingga Rp. 20 Juta per Bulan Menanti ASN

FAJAR.CO.ID MAKASSAR - Pemprov Sulsel mengubah sistem penilaian kerja untuk aparatur sipil negara (ASN) daerah setempat. Untuk PNS yang bertugas di empat organisasi perangkat daerah (OPD) diberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) pada 2018 dengan nilainya mencapai Rp 48,7 miliar.

OPD tersebut yakni badan kepegawaian daerah (BKD), dinas penanaman modal dan PTSP, inspektorat, serta dinas kominfo. Anggaran TPP itu hanya dinikmati oleh 431 ASN setiap bulannya.

Pemberian TPP berlaku mulai Januari 2018. Data yang dihimpun Fajar, BKD Sulsel yang memiliki 93 pegawai mendapat jatah TPP Rp 11,4 miliar. Kemudian, dinas penanaman modal dan PTSP mendapat jatah Rp 13 miliar untuk 85 pegawai. TPP inspektorat lebih banyak lagi. Sebanyak 150 ASN di OPD tersebut akan menikmati TPP Rp 17,1 miliar. Lalu, Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Sulsel dijatah Rp 7,23 miliar untuk 93 pegawai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo menyatakan, pemberian tunjangan tersebut mengacu peraturan gubernur atau pergub. Besaran tunjangan yang diterima sesuai kepangkatan dan golongan. Misalnya, eselon IV Rp 10 juta per bulan, eselon III Rp 12,5 juta per bulan, dan eselon II Rp 20 juta per bulan.

Bukan hanya jajaran pejabat, pegawai golongan terendah pun dapat jatah. ASN golongan II bisa mendapat TPP Rp 4,2 juta per bulan. Bergantung kinerja. "Sejauh ini belum ada penambahan OPD yang menerapkan sistem TPP. Baru empat OPD ini yang menjadi percontohan untuk 2018," ujar Ashari kemarin (12/12).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hariman Kaimuddin


Comment

Loading...