Pemerintah Gandeng Mitsubishi Kembangkan Mobil Listrik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Raksasa otomotif Jepang, Mitsubishi Motors, menjalin kesepakatan dengan Pemerintah Indonesia dalam pengembangan mobil listrik.

Nantinya, Mitsubishi Motors bersama Kementerian Perindustrian dan sejumlah peneliti akan melakukan penelitian terkait mobil listrik.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan ini seusai melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, kemarin (Rabu, 13/12/2017).

“Mitsubhisi tadi sepakat akan melakukan penelitian dengan Indonesia, (yaitu) dengan Kementerian Perindustrian (yang tergabung) dengan tim yang sudah dibentuk di bawah kepemimpinan Satryo Brodjonegoro itu bersama anak-anak pintar Indonesia untuk membuat roadmap (kebijakan) mobil listrik Indonesia,” tuturnya.

Pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Kementerian terkait dalam membantu pengembangan tersebut. “Tadi Pak Airlangga (Menteri Perindustrian) bicara kepada saya per telepon untuk segera membantu mendorong untuk bisa terjadi,” tambahnya.

Selanjutnya, pihaknya bersama Kementerian Perindustrian akan melakukan kunjungan kembali ke Jepang itu mendetilkan kerja sama dalam penelitian tersebut.

“Timnya Pak Airlangga dengan Satryo akan berkunjung kemari lagi (Tokyo) pada bulan Januari atau Februari awal untuk menindaklanjuti, dan kemudian ada satu perusahaan Tajima namanya akan datang ke Jakarta,” jelas dia.

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) itu berharap, kerja sama ini dapat mendorong akselerasi dalam pengembangan mobil listrik. Apalagi, Indonesia menargetkan pada 2040 mendatang penggunaan mobil listrik sudah masif di Indonesia.

“Harapannya, Indonesia tidak akan ketinggalan industri mobil listrik. Mestinya harus canggihlah (teknologinya), jangan kita ketinggalan terus dari negara-negara lain,” tutupnya. (hap/JPC)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...