Ekspor Sulsel Turun Akibat Lemahnya Permintaan Dan Fenomena Ekonomi Global

Jumat, 15 Desember 2017 - 13:44 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan merilis data perkembangan ekspor dan impor di Sulawesi Selatan pada bulan bulan November mengalami penurunan.

Untuk di bulan November 2017, ekspor Sulsel menurun sebesar 5,05 persen dibandingkan bulan Oktober, sedangkan impor Sulsel menurun sebesar 32,14 persen.

Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam mengatakan volume ekspor berkurang terkait dengan lemahnya permintaan dan fenomena ekonomi global.

“Mungkin lebih kepermintaan kali yah untuk negara yang membutuhkan. Karena ini kan kita menjual, ini bisa kita jual kalau ada orang yang membeli,” Kata Nursam.

Lima komoditas utama yang diekspor yaitu Nikel, Biji-Bijian Berminyak dan Tanaman Obat, Garam, Belerang dan Kapur, Ikan, Udang dan Hewan Air tidak bertulang belakang,serta Kakao Coklat Lainnya.

“Kalau dilihat secara trand, biasanya diakhir tahun permintaan negara itu secara global, jadi bukan musim kalau menurut saya,” Tambahnya.

Sementara empat komoditas utama yang diimpor yaitu Mesin-Mesin/Peralatan Listrik, Mesin-Mesin/Pesawat Mekanik, Ampas/Sisa Industri Makanan, dan Bahan Bakar Mineral. (sul/fajar)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.