Kemen PU-PR Akan Bedah Ribuan Rumah Tak Layak Huni di Luwu Raya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui bantuan BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya akan melakukan program bedah rumah di Luwu Raya. Kabar gembira itu pun disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Demokrat asal Sulsel, Dr H Bahrum Daido baru-baru ini di Jakarta.

Dirincikan Bahrum, setiap kabupaten/ kota di Luwu Raya akan mendapatkan alokasi bantuan BSPS totalnya sebanyak 2.418 rumah. Yang terbanyak ada di Kabupaten Luwu dengan jumlah 1.908 rumah tidak layak huni, Kota Palopo sebanyak 240 rumah, Kabupaten Luwu Utara sebanyak 180 rumah, dan Kabupaten Luwu Timur sebanyak 90 rumah.

“Dari jumlah ini sesungguhnya masih banyak lagi rumah yang tidak layak huni yang membutuhkan bantuan. Tinggal jumlahnya dibagi rata atau proporsionalkan saja,” kata Bahrum Daido.

Lantas kenapa Kabupaten Luwu paling banyak mendapatkan bantuan BSPS? Dijelaskan Bahrum, karena di Kabupaten Luwu paling banyak rumah yang tidak layak huni dibandingkan di Kota Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Lanjut Bahrum, hingga saat ini setidaknya masih ada 11 ribu rumah tidak layak huni di Kabupaten Luwu yang menunggu untuk diperbaiki, di Palopo masih tinggal seribuan, di Luwu Utara tersisa 5 ribu rumah, dan Luwu Timur 3 ribu rumah.

“In sya allah, setiap tahun Kita berusaha kurangi jumlah rumah tidak layak huni ini. Agar masyarakat nyaman bersama keluarganya,” tutup Bahrum. (idr-fmc/palopopos/fajar) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...