Rektor Unhas Minta Alumninya Jangan Jadi Koruptor

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin kembali melaksanakan wisuda untuk alumni program Doktor, Magister, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), Program Pendidikan Dokoter Gigi Spesialis (PPDGS), dan Program Profesi.

Sebanyak 663 wisudawan mengikuti kegiatan yang berlangsung di Baruga AP. Pettarani Unhas di Jalan Printis Kemerdekaan Makassar, Rabu (20/12/17).

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, Unhas melatih para wisudawannya untuk bernalar secara metodologis dari sisi tidak tahu menjadi tahu.  Ini ditemukan dalam proses pemecahan masalah pada penelitian para wisudawan baik di dalam keluarga, karir dan masyarakat.

“Unhas telah menanamkan dalam konteks pendidikan, bagaimana caranya memecahkan masalah secara solutif pada hipotesa aehingga muncul suatu temuan,” papar Guru Besar Sosiologi Unhas itu.

Wanita kelahiran Lampung itu berharap agar para wisudawan dapat menanamkan sifat-sifat Hasanuddin dalam dirinya.

“Jangan pernah ada sekalipun hasrat untuk menjadi seorang koruptor. Kalau sampai ada yang kembali dalam keadaan terjerat korupsi, maka tercabutlah jiwa Hasanuddin dari dalam dirinya,” Tegasnya.

Dihadapan para wisudawan, Dwia berpesan kepada para lulusan Program Pascasarjana, Spesialis dan Profesi Universitas Hasanuddin untuk tidak pernah jenuh dan terus-menerus meningkatkan kapasitas belajar, baik secara formal maupun non formal. Pengaruh digitalisasi menuntut para lulusan Unhas untuk terus memperkaya diri.

“Inilah yang diminta oleh pak Jokowi terhadap kami, selaku Rektor Perguruan Tinggi. Kami dituntut untuk wajib melahirkan sumber daya yang kreatif, kompetitif dan inovatif dalam menghadapi tantangan global. Anda harus berarti bagi lingkungan sekitar,” Tegas Rektor Petahana. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar