Terpidana Mati Dipamer lalu Dieksekusi di Belakang Panggung

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Sirene mobil polisi meraung-raung ketika ribuan warga Provinsi Guangdong, Tiongkok, sudah berkumpul di stadion. Warga datang menyaksikan eksekusi sepuluh terpidana mati pada akhir pekan kemarin (16/12/2017).

Di antara ribuan warga ada pula puluhan anak yang masih mengenakan seragam sekolah.

Empat hari sebelum pembacaan putusan pengadilan, petugas sengaja mengundang warga untuk hadir di stadion. Undangan tersebut disebarkan ke berbagai platform media sosial.

Masing-masing terdakwa digandeng polisi yang berseragam lengkap dan memakai kacamata hitam.

Para terdakwa lantas dibawa ke panggung sementara yang didirikan di lintasan lari. Satu per satu terdakwa dipanggil, lantas vonisnya dibacakan.

Ada sepuluh orang yang dieksekusi hari itu. Tujuh orang merupakan pelaku kejahatan terkait narkoba. Sisanya adalah pelaku perampokan dan pembunuhan. Setelah putusan pengadilan dibacakan, mereka dibawa ke belakang panggung dan dieksekusi.

Menurut South China Morning Post, itu bukan peristiwa pertama di Lufeng.

Lima bulan lalu, delapan terdakwa diperlakukan serupa. Meski begitu, antusiasme warga tak berkurang. Ada yang berdiri di bangku stadion, ada pula yang nekat mendekati lokasi sambil membawa telepon genggam untuk merekam peristiwa tak lazim tersebut. (fajar/sumeks)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...