Guatemala Negara Pertama Susul AS Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Dukungan terhadap Amerika Serikat (AS) soal pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel ternyata tetap ada, meski klaim tersebut sudah ditolak mentah-mentah oleh 128 negara melalui majelis umum PBB.

Adalah Guatemala yang tetap mendukung klaim sepihak AS. Negara ini memang salah satu dari 8 negara yang mendukung Presiden AS, Donald Trump.

Guetemala juga sudah mengumumkan akan memindahkan kedutaan mereka ke kota tua itu.

Presiden Guatemala, Jimmy Morales, mengumumkan keputusan itu di Facebook. Ia mengatakan bahwa negara Amerika Tengah itu akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Yerusalem dan menjadi negara pertama yang mengikuti jejak presiden AS Donald Trump dalam rangka perubahan tersebut.

Trump sejauh ini tidak menetapkan jadwal untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, demikian juga Presiden Guatemala, Jimmy Morales.

Dalam sebuah posting di akun Facebook resminya pada malam Natal, Morales mengatakan setelah melakukan pembicaraan dengan perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu, dia memutuskan untuk menginstruksikan kementerian luar negeri untuk memindahkan kedutaan tersebut. Tidak ada negara lain yang memiliki kedutaan mereka untuk Israel di Yerusalem, meskipun Republik Ceko mengatakan sedang mempertimbangkan langkah tersebut. (The Guardian/amr/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...