Inilah Lima Nama Calon Gubernur yang Diusung Gerindra, PKS dan PAN di Pilkada 2018

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Poros koalisi Partai Gerindra, PKS dan PAN telah mendeklarasikan lima nama pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di lima daerah di Indonesia pada Pilkada 2018 mendatang.

Deklarasi ini dilakukan di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (27/12).

Lima nama calon ini telah diputuskan dan disepakati bersama oleh tiga partai tersebut. Dari lima daerah ini, PKS membuat kejutan dengan mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu.

Keputusan ini sedikit mengejutkan, karena PKS sebelumnya sudah membangun koalisi dengan partai Demokrat, untuk mengusung pasangan Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu di Pulgub Jabar.

Pasangan Sdurajat-Syaikhu ini sudah mendapat kesepakatan dan dukungan dari tiga partai ini.

Untuk Jawa Tengah (Jateng) tiga partai ini memberikan tekomendasi dan dukungan penuh kepada Sudirman Said. Meski hingga kini, Sudirman Said sendiri belum memutuskan nama pasangannya.

Selain didua wilayah ini, Gerinda, PKS dan PAN juga memberikan rekomendasi dan dukungan juga kepada pasangan Letjen Edy Rahmayadi dengan Musa Rajekshah di Pilgub Sumatera Utara (Sumut).

Sementara untuk daerah Kalimantan Timur dan Maluku Utara, tiga partai ini memberikan dukungan kepada Isran Nur dan Hadi Mulyadi sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, dan dukungan tiga paetai ini juga diberikan kepada pasangan Muhamad Kasuba-Majid Husain di Pilgub Maluku Utara.

Menurut Presiden PKS Sohibul Iman, dukungan partai yang diberikan tiga partai ini kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilgub 2018 nanti, tak lepas dari pertimbangan matang dan komunikasi antar tiga partai tersebut.

Selain itu, Sohibul Iman juga mengakui koalisi tiga partai ini sebenarnya dilakukan dienam daerah. Namun, satu daerah, yakni Jawa Timur dipending hingga tahun baru, baru bisa diumumkan.

Hadir dalam deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur itu, yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Sohibul Imam, Rachmawati Soekarno Putru, Mantan Panglima Joko Santoso, pasangan Meyjen (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu, Sudirman Said, Isnan Nur dan Majid Husain. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...