Pesan Jokowi Jelang Tahun Baru: Jangan Pecah karena Pilkada!

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Tahun baru, 2018, di depan mata. 171 daerah kabupaten, kota, provinsi, akan memilih kepala daerah.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak termakan isu SARA dalam menghadapi tahun politik mendatang.

Jokowi mengatakan, Indonesia terlalu rendah jika warganya mau dipecah belah dengan isu perpecahan.

“Tahun depan itu ada Pilkada, Pilgub. Ada 171 daerah kabupaten, kota, provinsi. Saya ingin ingatkan, pilkada itu lima tahun sekali untuk memilih. Itu adalah pesta demokrasi, pilih pemimpin yang terbaik. Saya titip jangan sampai rakyat dipanas-panasi,” kata Jokowi dalam teleconference penyerahan sertifikat tanah di tujuh daerah di Indonesia, Kamis (28/12/2017).

Jokowi meminta masyarakat memilih berdasarkan manfaat yang sudah terbukti. Di samping itu, Jokowi juga mengimbau rakyat tidak terjebak dengan isu SARA yang diembuskan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Jangan sampai karena pilkada tidak rukun dengan tetangga. Jangan sampai tidak rukun antarsuku. Negara kita ini negara besar,” kata Jokowi.

Jokowi menyadari isu perpecahan terhadap warga Indonesia sangat tinggi mengingat jumlah 714 suku. Hal ini berbeda dengan negara-negara lainnya di dunia yang memiliki sedikit suku.

“Saya juga pernah diingatkan Presiden Afrika, Pak Jokowi hati-hati jangan sampai persaudaraan pecah karena pilkada,” tandas dia. (fajar/jpnn)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...