Mentan Ingin Anak Muda Sulsel seperti Pemuda di Negara Maju

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menghadiri acara diskusi akhir tahun Badko HMI Sulsel yang bertajuk ‘Menatap Pembangunan Ekonomi Sektor Pertanian 2018’ di Cafe Seaweed, Jalan Toddopuli, Makassar, Jumat (29/12/2017).

Dalam paparannya, Amran Sulaiman banyak membahas soal keterlibatan para pemuda dalam membangun ekonomi di Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan.

Amran Sulaiman juga mengatakan, jika dirinya memimpikan pemuda di Sulsel seperti pemuda di negara maju yang terbilang punya perhatian lebih terhadap sektor pertanian bagi bangsannya sendiri.

“Saya mimpikan pemuda yang maju, yakni anak muda yang sadar akan potensi negerinya atau daerahnya. Kita ini negara agraris, para pemuda harus sadar dengan itu,” tegas Amran Sulaiman.

“Generasi muda, kita dorong untuk masuk pada sektor pertanian, harus ditunjukan yang menarik agar merekan bergerak, biasanya Pemuda itu lihat dulu yang menarik, salah satu yang membuat pertanian itu tampak tidak menarik yakni ketakutan terhadap kemiskinan, itu yang harus kita bongkar,” sambung Amran Sulaiman.

Salah satu bentuk kepeduliaannya terhadap pemuda untuk membangun pertanian, Amran mengaku telah berhasil mendorong keterlibatan pemuda dalam membangun ekonomi bangsa lewat sektor pertanian.

“Pemuda tani yang kami dorong awalnya hanya 10 ribu, nah sekarang telah mencapai 300 ribu yang tersebar disejumlah wilayah, diantaranya Sulsel, Sultra, Kalimantan, dan aceh,” papar Amran Sulaiman.

Hasilnya, kata Amran, Indonesia hari telah telah berhasil melakukan swasembada pangan di beberapa sektor, termasuk Beras, Bawang, Jagung, dan lainnya.

“Sekarang kita telah memiliki bawang yang melimpah, dulu kita harus impor, sekarang sudah kita mengekspor, sama juga jagung dan beras, ini tidak lepas dari keterlibatan anak muda,” tutup Amran Sulaiman.

Di kesempatan tersebut hadir puluhan kader dan struktur pengurus HMI Sulsel dan Cabang se-Sulawesi Selatan. (rls/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...