Unik dan Sakral! Polres Baubau Gelar Sertijab di Pantai Nirwana

0 Komentar

Tiga Kapolsek dan Kasat Reskrim Berganti

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Pantai Nirwana mendadak dipenuhi ratusan anggota Polres Baubau, Rabu (3/1) pagi. Kehadiran pasukan berbaju coklat di lokasi yang menjadi salah satu  tempat wisata  populer di kota Baubau itu bukan untuk  berekreasi ataupun melakukan pengamanan, melainkan mengikuti serah terima jabatan Kasat Reskrim Polres Baubau dan Kapolsek Wolio, Kapolsek Murhum dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan. Disertai dengan upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat 5 anggota polri.

Hal ini terbilang unik mengingat pemilihan lokasi pantai Nirwana memang baru kali ini terjadi. Biasanya pelaksanaan kegiatan-kegiatan seperti ini selalu dilaksanakan di dalam ruangan di Polres Baubau. Ada beberapa alasan Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam memilih lokasi pantai sebagai pelaksanaan Sertijab ini. Salah satunya agar masyarakat bisa menyaksikan langsung siapa saja pejabat yang akan menjadi pelayan mereka dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan nantinya.

“Tempat ini sangat indah dan sakral. Ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat dan semua terutama yang Sertijab bahwa betapa bangganya kami melepas salah satu atau lebih keluarga kita untuk bertugas di luar polres Baubau. Dan kami juga kedatangan keluarga baru yang akan mengabdi kepada masyarakat kota Baubau,” kata Daniel dalam sambutannya.

Sementara untuk para anggota yang menerima reward kenaikan pangkat, Daniel menegaskan bahwa apa yang diterima merupakan proses dalam rangka pembinaan karir. “Ini sebagai proses pembinaan karir. Ini adalah sebuah reward dari kedinasan, pangkat yang diberikan satu tingkat lebih tinggi bukan hak yang kita terima akan tapi sebuah penghargaan atas pengabdian teman-teman selama ini. Kenaikan pangkat kali ini semoga memberikan motivasi agar dapat bekerja lebih baik lagi,” ujarnya.

Tak lupa pula, Daniel mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek dan Kasat Reskrim yang kini bertugas diluar Polres Baubau. Diakui, selama menjabat sebagai pejabat di Polres sudah banyak prestasi yang diraih. Termasuk, Polres Baubau menjadi salah satu Polres terbaik mengalahkan 584 Polres yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kepada Kasat Reskrim dan Kapolsek Wolio saya ucapkan terima kasih, banyak prestasi yang sudah di ukir. Saya do’akan semoga dengan jabatan yang baru bisa semakin berkembang. Dan berkat mereka juga Polres Baubau sudah mendapat banyak penghargaan,” ungkapnya.

“Sementara untuk pejabat yang baru masuk bergabung di Polres Baubau agar lebih meningkatkan lagi kinerja dan pengadilan kepada masyarakat dan Polres Baubau. Dan pejabat yang lain agar langsung menyesuaikan diri untuk dapat bekerja lebih baik lagi,” sambungnya.

Acara Sertijab tersebut selanjutnya dirangkaikan dengan tradisi Lepas Prabu dan Sambut Prabu. Tradisi ini merupakan simbol di Polres Baubau. Lepas Prabu maksudnya bagi perwira yang sudah memberikan karyanya selama mengabdi kita berikan penghormatan dengan cara digendong dan kemudian dilepas atau diceburkan ke laut. Sementara Sambut Prabu juga diberi kehormatan dengan cara disambut.

“Insya Allah tradisi ini akan terus kita lakukan sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap pejabat baru maupun pejabat yang akan berdinas keluar Polres Baubau. Walaupun ini hanya sebagai simbol tapi bisa menimbulkan kekompakan, dan sebaliknya tanpa simbol kita bisa terpecah belah. Karena dengan simbol lah yang bisa mempersatukan kita,” tutupnya.

Sekedar diketahui, sedikitnya ada 5 anggota Polri yang menerima reward kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat sebelumnya. Sementara pejabat yang melakukan serah terima jabatan Kasat Reskrim dari AKP Diki Kurniawan kepada AKP Haris Akhmat Basuki, Kapolsek Wolio dari AKP Anwar kepada IPTU Sukri Masse. Kapolsek Kawasan Pelabuhan dari IPTU Jimmi Fernando kepada AKP Reda Irfanda dan selanjutnya Kapolsek Murhum dari IPTU Sukri Masse kepada IPTU Dessy Simon. (Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...