Gerindra Tentukan Cawapres Prabowo Tergantung Elektabilitas Jokowi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Gerindra akan tetap mengusung Prabowo Subianto sebagai calon Presiden (Capres) RI di Pemilu 2019 nanti.

Menurut Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, pengusungan Prabowo sebagai calon Presiden tak lepas kesukaan masyarakat kepadanya. Partai Gerindra mengklaim, elektabilitas Prabowo Subianto terus naik.

Meski sudah mantap mengusung Prabowo sebagai Capres di Pemilu 2019, Gerindra belum terburu-buru menentukan calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk mendampingi Prabowo.

“kita belum menginventarisasi nama-nama Wapres. Yang pasti kita belajar dari Pilpres sebelumnya. Yang pasti kita akan lihat hasil surveinya dulu,” kata Riza kepada awak media, Jumat (12/1).

Gerindra, kata Riza tetal belajar dari pengalaman Pilpres sebelumnya. Dimana, memutuskan calin Wapres berdasarkan elektabilitas calon tersebut. Riza pun mencontohkan keputusan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berhasil menang di dua Pemilu dengan wakil yang berbeda.

“Conroh Pak SBY di periode pertama dan kedua. Di periode pertama sama Pak Jusuf Kalla (JK) yang memberi pengaruh tambahan suara. Di peridw kedua tak mau sama Pak JK karena merasa di atas angin dan dia ingin menunjuk sendiri. Hasilnya tetap menang,” ujarnya.

Atas dasar itu, Riza mengakui Gerindra akan memutuskan calon Wapres setelah melihat elektabilitas Jokowi ke depan. “Kita lihat aja Jokowi juga, elektabilitasnya nanti gimana,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi II itu mengakui, Gerindra akan tetap berkoalisi dengan partai lain di Pemilu 2019 dan menampung semua masukan dari partai koalisi.

“Gerindra kan tidak bisa sendiri, tetap tergantung dan menerima masukan dari partai koalisi. Karena Gerindra membutuhkan dukungan dari partai lain untuk koalisi di Pilpres. Ketergantungan koalisi tetap tidak hilang,” ungkap Riza.

Diketahui, presidensial Trashold mengharuskan partai politik mengusung calon Presidennya diharuskan memenuhi syarat suara 20 persen suara di parlemen. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...