Indonesia Impor Sampah? – FAJAR –
Nasional

Indonesia Impor Sampah?

Pusat penampungan sampah di Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok. (Foto: REUTERS/China Daily)

FAJAR.CO.ID — Selama ini pengekspor membawa sampah-sampah ke Tiongkok. Tetapi, setelah Tiongkok menyetop impor sampah, ada kabar jika sampah-sampah itu akan dialihkan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Sampah-sampah berupa plastik, besi dan kertas dunia untuk sementara distok di kontainer-kontainer dan tempat penampungan perusahaan-perusahaan yang sebelumnya menampung.

Pemilik Pioneer Recycling di Oregon, AS, Steve Frank, menyatakan bahwa dirinya berharap bisa mengekspor sampah ke Indonesia, India, Vietnam, dan Malaysia atau negara mana saja yang mau.

”Sampah-sampah itu bisa dijual. Jadi, kami akan menampungnya selama yang kami bisa,” ujar Sharon Howland, manajer layanan sampah dan daur ulang di Calgary, Alberta, Kanada.

Dia akan mengevaluasi pilihan lainnya yang bisa diambil untuk mengatasi sampah-sampah tersebut. Sebanyak 50 persen sampah plastik dan 100 persen sampah kertas di kota itu diekspor ke Tiongkok.

Seperti diberitakan, Tiongkok memutuskan berhenti mengimpor sampah karena alasan lingkungan. Kebijakan itu berlaku mulai 1 Januari tahun ini.

Ada 24 jenis sampah padat yang dilarang masuk, termasuk plastik dan kertas.

Kebijakan baru ini sangat memukul negara-negara maju, terutama di Eropa. Perpaduan minimnya lahan dan regulasi lingkungan hidup yang ketat membuat negara-negara Benua Biru kesulitan mengelola sampah mereka. (sha/c10/dos)

 

Click to comment

Most Popular

To Top