Uang di Celengan Tiba-tiba Raib, Diduga Kerjaan Tuyul – FAJAR –
Kriminal

Uang di Celengan Tiba-tiba Raib, Diduga Kerjaan Tuyul

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Belakangan ini jejaring dunia maya Facebook dihebohkan dengan misteri raibnya uang dalam celengan, tak terkecuali di Bontang. Para netizen yang mayoritas para ibu-ibu ini mengaku kehilangan uang dalam celengan dan menduga raibnya uang mereka lantaran ulah tuyul.

Trestiyanti menjadi salah satu korbannya. Melaui akun Facebook-nya, kegelisahan mulai dirasakannya setelah isu tuyul viral di grup Facebook Bursa Barang Bontang beberapa hari lalu. Penasaran, ia lantas memecahkan celengan, kemarin (10/1) pukul 11.00 Wita. Padahal sebelumnya tidak ada niatan untuk melakukan itu dikarenakan kedua celengan yang dimiliki kondisinya belum penuh.

“Setelah saya buka ternyata benar ada yang hilang yakni uang kertas dengan pecahan besar, Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Totalnya sekitar Rp 500 ribu,” kata Trestiyanti.

Ibu yang berprofesi sebagai penjual sayur dan lauk matang ini sejak setahun lalu telah membiasakan diri menabung. Hal ini dilakukan sebagai pembelajaran untuk kedua buah hatinya yang berusia masing-masing dua dan tiga tahun.

“Kalau suami dapat uang lembur masuk di situ (celengan, Red.) atau saya ada uang lebih juga saya tabung. Untuk uang koin biasanya saya kasih anak-anak untuk memasukkan ke dalam celengan,” paparnya.

Herannya, kondisi celengan sebelum dipecahkan tidak terdapat goresan atau bekas cungkilan. Letak celengannya pun di atas lemari.

“Ketika kami buka bersama, suami saya kaget. Mertua saya juga heran karena juga ikut menyisihkan sebagian rejekinya untuk cucunya (anak saya, red.),” ujar mantan bidan ini.

Rencananya tabungan itu digunakan untuk biaya tambahan anak pertamanya jelang memasuki pendidikan TK. Akibat dari kejadian ini, TY kapok menabung di celengan. Ke depan ia menabung di bank sebagai tempat penyimpanan uang.

Tak hanya ibu-ibu, kaum Adam juga ada yang mengeluhkan hal serupa. Akun bernama Haris Nasugianto salah satunya. Bersama istrinya, Anya, Haris sudah terbiasa menabung di celengan. Setelah melihat fenomena raibnya uang warga di celengan, Haris dan Anya yang tinggal di Kilometer 3 Loktuan ini memutuskan untuk memecahkan celengannya, Selasa (9/1) lalu. Ia terkejut saat mengangkat benda tersebut, pasalnya terjadi perubahan berat.

“Dikarenakan banyak yang posting celengan ilang isinya, eh si kakak kasih tahu juga, akhirnya celengan mamakedibuka dan ternyata astagfirullaalazimbeneran uangnya kurang. Padahal celengannya sudah full banget, sudah gakbisa dimasukin. Tahu-tahu dipegang sudah longgar saja dan dibuka sudah ringan. Sekedar informasi buat yang lain lebih hati-hati dalam bercelengan,” ujar Haris di akun Facebook-nya.

Dikatakan sang istri, kondisinya pun mirip dengan akun Trestiyanti, tidak ada goresan di celengan tersebut. Ia tidak percaya jikalau berkurangnya nominal tabungannya karena diambil oleh orang lain. “Tetapi juga tidak bisa disimpulkan itu tuyul, nanti tuyulnya marah,” kelakar Anya kepada Bontang Post. (*/ak)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!