Yang Lain Tolak Tambang Rakyat, Anggota Dewan ini malah Dukung, Alasannya.. – FAJAR –
Daerah

Yang Lain Tolak Tambang Rakyat, Anggota Dewan ini malah Dukung, Alasannya..

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, KUALA KURUN – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Iswan B Guna menilai, aktivitas penambang secara tradisional menggunakan dulang sangat penting untuk selalu dijaga dan dilestarikan.

”Penambangan emas dengan cara tradisional patut dijaga dan dukung, karena tidak mengganggu ekosistem alam di sekitarnya,” kata Iswan, Rabu (10/1).

Saat ini, kata dia, masyarakat yang mencari emas menggunakan dulang jarang ditemui, mengingat pesatnya kemajuan teknologi. Hanya ada sebagian masyarakat yang masih menggunakan cara tradisional, seperti di Desa Tumbang Lampahung, Kecamatan Kurun.

”Masyarakat di sana (Desa Tumbang Lampahung, Red) mendulang emas dengan cara tradisional sebagai mata pencaharian mereka,” tuturnya.

Politikus Partai Demokrat ini menuturkan, keberadaan penambang emas tradisional tentunya untuk menyejahterakan kehidupan mereka. Di samping itu, cara demikian juga tidak akan merugikan orang lain.

”Kami (DPRD, Red) mendukung masyarakat mencari emas dengan cara tradisional,” tegas legislator yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) I mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya dan Sepang ini,” katanya.

Dia berharap masyarakat penambang emas dengan mendulang bisa dijaga keberadaannya, karena aktivitas yang mereka lakukan tidak merusak lingkungan dan tidak merugikan orang lain.

”Penambang emas dengan cara tradisional ini patut mendapat respons positif selaku wakil rakyat. Kami tetap mendukung apa yang mereka lakukan,” tandasnya. (arm)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!