Terungkap Alasan Golkar Tunjuk Bamsoet Sebagai Ketua DPR

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Keputusan Partai Golkar menunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR sempat molor beberapa pekan, hingga Fadli Zon diputuskan menjabat Pelaksana Tugas Sementara (Plt) Ketua DPR RI gantikan Setya Novanto.

Setelah melewati diskusi panjang, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akhirnya menunjuk Bamsoet sebagai pengganti Setya Novanto. Namun, penunjukan ini dianggap terburu-buru, meski kemuduan dibantah oleh Airlangga sendiri.

“Saya rasa prosesnya tidak terburu-buru ya. Prosesnya itu sudah berjakan secara panjang di internal partai, serta sudah berkomunikasi dengan stake holder DPR. Dan dari komunikasi secara intens itu, kwluar nama Pak Bambang Soesatyo,” kata Airlangga kepada awak media usai pelantikan Ketua DPR RI di Gedung Nusantara II, Senin (15/1).

Selain itu, kata Menteri Perindustrian RI ini, Partai Golkar tidak mamu membiarkan institusi sebesar DPR tidak memiliki pucuk pimpinan yang sah, dan dibuatlah keputusan yang terlihat cepat, tapi sudah melewati komunikasi panjang.

“Yang kedua, kita juga tidak bisa membiarkan institusi atau lembaga DPR ini kosong tanpa pimpina, jadi harus dibuat keputusan yang cepat agar bisa menyelesaikan agenda-agenda yang ada,” jelasnya.

Airlangga juga mengakui sepak terjang Bamsoet selama menjadi Anggota DPR. Buat Airlangga, Bamsoet adalah kader terbaik dari Partai Golkar yang sudah melewati berbagai jenjang jabatan dari bawah.

” Salah satu pertimbangan bahwa Pak Bamsoet adalah salah satu kader terbaik Partai Golkar dan menjalani proses dari bawah. Artinya berkarir secara profesional, dengan demikian dari berbagai kriteria telah memenuhi persyaratan yang bersangktan juga pernah memimpin Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” tutup Airlangga. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...