Didemo, KPU Sidrap Siap Bertanggung Jawab

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SIDRAP—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap menegaskan bahwa semua berkas pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Sidrap, diterima sesuai aturan perundang-undangan. Makanya, KPU siap bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Sidrap, Dahlia usai menerima perwakilan unjuk rasa aksi damai dari koalisi masyarakat Sidrap, Senin, 15 Januari. “Semua berkas pendaftaran kami terima sesuai aturan dan juknis PKPU,” katanya.

Menjelaskan masalah berkas dari Bapaslon Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DoaMu) yang dipermasalahkan beberapa tim pemenangan Bapaslon lainnya, Dahlia mengatakan, tidak ada yang salah. Menurutnya, berkas DoaMu ini masih sebatas pendaftaran dan saat itu hanya diberikan tanda terima dokumen bukan berita acara.

“Keputusan kita ini sudah diatur dalam aturan pasal 54 dan 55 PKPU Nomor 3 tahun 2017 terkait Pilkada. Itu yang diberikan tanda terima sebagai pendaftar Bapaslon,” tegasnya.

Makanya, Dahlia memastikan tidak ada masalah dan pihaknya siap bertanggung jawab bersama empat komisioner lainnya jika hal itu tidak dianggap sesuai aturan. “Intinya, kami siap bertanggung jawab. Yang jelasnya, kami sudah jalankan aturan sesuai peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Permasalahan muncul di KPU Sidrap pasca pendaftaran setelah adanya multi tafsir yang berbeda terkait persyaratan dokumen pendaftaran Bapaslon DoaMu tentang resi dari JNE sebagai bukti pengiriman ke pengadilan Tata Niaga untuk proses berkas surat keterangan tidak sedang pailit. (ira/parepos)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...