Minimalisasi Cedera, Rossi dan Lorenzo Dukung Penggunaan Airbag

Selasa, 16 Januari 2018 - 05:24 WIB

FAJAR.CO.ID — Para pebalap MotoGP wajib mengenakan baju balap yang dilengkapi airbag mulai musim 2018. Airbag atau kantung udara diharapkan bisa meminimalisasi risiko cedera untuk para pebalap saat mengalami crash.

Nantinya, airbag harus menutupi dan melindungi bagian bahu dan tulang selangka.

Soal airbag, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mendukung penggunaannya. Menurut Rossi, airbag sangat membantu pebalap saat crash.

“Saya pikir sekitar tahun 2009, Dainese mulai mencoba (airbag) setelah studi panjang tapi saya tidak merasa nyaman di awal karena saya kehilangan beberapa pergerakan dan berat. Karena itu terlalu besar,” kata the Doctor

“Tapi sejak saat itu mereka bisa memperbaikinya dan sekarang saya tidak ingin masuk ke trek tanpa D-Air, karena tentu saat crash itu bisa banyak membantu,” tambahnya.

Sementara itu, Lorenzo men­gaku sudah menggunakan airbag sejak 2016 meski tak selalu memakainya. Sama seperti Rossi, pebalap Ducati itu juga mendukung penggunaan airbag.

“Saya ingin membantu Alpinestars membuat evolusi bagus, karena saya pikir ini penting untuk keamanan pebalap dan saya pikir ini adalah hal yang bagus,” Lorenzo menyatakan.

“Kami harus sedikit menin­gkatkan kenyamanan karena ketika memakai airbag, bahu Anda sedikit kaku dan ini adalah sesuatu yang harus kami per­baiki, juga membuatnya lebih aman,” tambahnya.

Aturan yang mewajibkan penggunaan airbag atau kantung udara ini sudah diputuskan sejak Oktober 2016. Pengguaan airbag diharapkan bisa meminimalisasi risiko cedera untuk para pebalap.

Lewat situs resminya, MotoGP menyebut bahwa airbag harus dikenakan oleh setiap rider permanen –kecuali pebalap wildcard– di semua kelas baik di MotoGP, Moto2, dan Moto3 di setiap sesi. Sementara itu, pebalap pengganti tidak harus mengikuti aturan tersebut di dua balapan pertamanya saja.

Airbag harus menutupi dan melindungi paling tidak bagian bahu dan tulang selangka. Sementara itu, pelindung untuk bagian punggung tidak wajib. Namun, apabila produsen me­mutuskan untuk memasang pelindung punggung, airbag harus menutupi semua bagian tulang belakang. (fajar/rmol)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.